Menuju konten utama

Mendag Harap Masyarakat Belanja Produk Lokal saat Harbolnas

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan berharap transaksi Harbolnas 2023 dapat melebihi tahun-tahun sebelumnya.

Mendag Harap Masyarakat Belanja Produk Lokal saat Harbolnas
Ilustrasi belanja online. Getty Images/iStockphoto

tirto.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau sapaan akrabnya Zulhas berharap transaksi Harbolnas 2023 dapat melebihi tahun-tahun sebelumnya. Zulhas mencatat pada 2022 lalu, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya.

Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” ujar Zulhas di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Harbolnas tahun ini juga diharapkan dapat meningkatkan pembelian produk UMKM lokal. Tidak hanya itu, dia juga berharap seller atau pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk memperluas penjualan dan pasar.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat," ungkap Zulhas.

Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” tambah Zulhas.

Untuk diketahui, setiap tahun pada 12 Desember akan dirayakan Harbolnas 12.12 atau Hari Belanja Online Nasional 12.12. Indonesia adalah pencetus dari Harbolnas 12.12, oleh karena itu, hari perayaan belanja ini menjadi amat populer di Indonesia. Selain itu, karena ini adalah akhir tahun, maka momen belanja di penghujung tahun ini menggugah minat banyak orang untuk berbelanja secara online.

Menurut data riset dari platform advertising untuk open internet network, Criterio S.A ((NASDAQ:CRTQ), seperti dikutip Antara, Harbolnas 12.12 pada 2018 menghasilkan tingkat konversi tertinggi penjualan ritel daring e-commerce hingga 94 persen. Selain itu, dibanding dengan musim belanja lainnya, penjualan ritel pada 12.12 tumbuh dengan pesat tiap tahunnya. Jika dilihat ke belakang, Harbolnas pertama kali diluncurkan pada 12 Desember 2012. Ketika itu, Harbolnas mengeluarkan jargon menarik 12.12,12.

Pada peluncuran Harbolnas 12.12 yang pertama, sejumlah e-commerce turut meramaikan perayaan hari belanja nasional ini. Sejumlah platform belanja online itu di antaranya adalah Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, Persebaya Store dan beberapa pelaku e-commerce lainnya.

Baca juga artikel terkait HARBOLNAS 2023 atau tulisan lainnya dari Hanif Reyhan Ghifari

tirto.id - News
Reporter: Hanif Reyhan Ghifari
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Intan Umbari Prihatin