Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi Pangkostrad Baru

Reporter: Andrian Pratama Taher - 22 Jan 2022 10:58 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Maruli Simanjuntak menggantikan Dudung Abdurrahman yang resmi menjadi KSAD sejak 17 November 2021 lalu.
tirto.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk sejumlah pejabat bintang 3, Jumat (21/1/2022) malam. Dalam pelaksanaan rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) tersebut, Andika menunjuk Pangdam Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad.

Selain Maruli, Andika menunjuk Pangdam Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa sebagai Pangkogabwilhan III, Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan sebagai Pangkoarmada dan Komandan Jenderal Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono sebagai Pangkoopsudnas.

Pengangkatan mereka berlaku setelah Andika menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

"Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk kedalam jabatan satuan2 baru TNI (diamanatkan dalam Perpres no. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI) seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa dalam keterangan, Sabtu (22/1/2022).

Prantara pun mengatakan, mutasi tersebut juga merotasi dan mengisi sejumlah kursi strategis di tubuh TNI selain kursi Kogabwilhan III, Pangkostrad, Pangkoarmada dan Pangkoopsudnas.

Di tubuh TNI dan TNI AD, kursi Danjen Akademi TNI diisi oleh Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fajari. Kursi Bakti lantas diisi oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto. Kursi Dankodiklatad diamanahkan kepada Mayjen TNI Ignatius Yogo.

Kursi Danpushidrosal yang kosong diisi oleh Laksdya TNI Nurhidayat yang sebelumnya adalah Dankodiklat TNI AL. Kursi Dankodiklat TNI AL lantas dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono.

Di tubuh TNI AU, Andika menunjuk Marsda TNI Nanang Santoso yang sebelumnya Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI untuk menjadi Kodiklat TNI AU.

Penetapan Andika mengakhiri diskursus soal kursi Pangkostrad yang kosong sejak Jenderal Dudung Abdurrahman resmi menjadi KSAD sejak 17 November 2021 lalu. Penetapan Maruli sebagai Pangkostrad pun tidak mengherankan karena nama mantan Danpaspampres itu memang disebut-sebut sebagai salah satu kandidat terkuat Pangkostrad.

Maruli merupakan lulusan Akmil angkatan 1992. Ia merupakan menantu dari Menko Maritim dan Investasi Jenderal (hor) Luhut B. Pandjaitan. Ia pun tercatat bertugas di sejumlah pos strategis sebelum menjadi Pangkostrad dan Pangdam Udayana yakni Danpaspampres (2018), Kasdam Diponegoro (2018), Wadanpaspampres (2017), Danrem 074/Warastratama (2016) dan Dangrup A Paspampres (2014).



Baca juga artikel terkait PANGKOSTRAD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight