Menakar Peluang Hafiz/Gloria di BWF World Tour Finals 2018

Oleh: Oryza Aditama - 6 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Sukses kantongi tiket ke BWF World Tour Finals 2018, mampukah ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mengemban asa juara?
tirto.id - Ganda campuran Indonesia pasangan Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja memang telah dipastikan lolos meraih satu tiket ke Guangzhou, untuk bertarung di kejuaraan BWF World Tour Finals 2018. Berdasar rilis terakhir ranking BWF kategori Race to Guangzhou, Hafiz/Gloria berhasil berada di peringkat ke-6.

Sepanjang tahun 2018, prestasi Hafiz/Gloria memang terbilang naik-turun. Tahun ini, mereka pernah tampil sebagai juara pada kejuaraan Thailand Open 2018. Dalam turnamen dengan level 500 tersebut, Hafiz/Gloria berhasil menundukkan ganda campuran Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock di partai final, dengan skor 21-12 dan 21-12.

Namun hanya gelar dari Thailand Open itulah satu-satunya kejuaraan BWF World Tour yang berhasil mereka menangkan di tahun ini. Sedangkan di 16 kejuaraan BWF World Tour lain yang diikuti, mereka harus pulang dengan tangan hampa.

Hafiz/Gloria tercatat 2 kali kandas di semifinal (Malaysia Masters dan Indonesia Open), lalu 3 kali tersingkir di perempat final (All England, Korea Open, dan Hong Kong Open), berikutnya 5 kali kandas di putaran kedua (New Zealand Open, Australia Open, Malaysia Open, Japan Open, Denmark Open), dan 6 kali harus terdepak di babak pertama (Indonesia Masters, India Open, German Open, China Open, French Open, dan Fuzhou China Open).


Selain Hafiz/Gloria, pasangan ganda campuran lain yang berhasil lolos ke Guangzhou, yakni Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Cina), Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand), Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia), Wang Yilyu/Huang Dongping (Cina), Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia), dan Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris).

Dari tujuh calon lawan-lawannya tersebut, Hafiz/Gloria memiliki catatan rekor head-to-head, sebagai berikut ini.

  • Hafiz/Gloria vs Siwei/Yaqiong (0–3)
  • Hafiz/Gloria vs Watanabe/Higashino (0–2)
  • Hafiz/Gloria vs Dechapol/Sapsiree (0–2)
  • Hafiz/Gloria vs Peng Soon/Liu Ying (0–0)
  • Hafiz/Gloria vs Wang/Huang (0–0)
  • Hafiz/Gloria vs Soon Huat/Lai Shevon (0–0)
  • Hafiz/Gloria vs Ellis/Lauren (0–0)

Apabila ditinjau dari data rekor head-to-head di atas, maka Hafiz/Gloria memiliki peluang lebih kecil jika harus berhadapan dengan 3 pasangan peringkat paling atas, yakni Siwei/Yaqiong, Watanabe/Higashino, dan Dechapol/Sapsiree.

Hafiz/Gloria tercatat sudah 3 kali bertemu dengan pasangan Siwei/Yaqiong. Pertemuan pertama mereka terjadi saat kejuaraan Hong Kong Open 2017, pada kesempatan tersebut Hafiz/Gloria menyerah lewat pertarungan ketat rubber game, dengan skor 21-14, 9-21, dan 21-23.

Pertemuan kedua terjadi pada gelaran Malaysia Masters 2018. Hafiz/Gloria harus kalah dua set langsung lewat skor 13-21 dan 16-21. Lalu pertemuan ketiga berlangsung pada BWF World Championship 2018, ketika itu Hafiz/Gloria kembali menderita kekalahan, lewat skor 15-21 dan 13-21.

Rekor pertemuan head-to-head Hafiz/Gloria dengan Watanabe/Higashino telah terjadi sebanyak 2 kali. Pertemuan pertama tersaji dalam ajang Malaysia Open 2018. Kala itu Hafiz/Gloria menyerah lewat pertandingan straight game dengan skor 15-21 dan 19-21.

Berikutnya pada China Open 2018, kedua pasangan ini kembali bertemu. Sayangnya Hafiz/Gloria harus kembali kandas dalam pertarungan rubber game, dengan skor 20-22, 21-16, dan 16-21.


Rekor pertemuan Hafiz/Gloria dengan Dechapol/Sapsiree juga telah terjadi sebanyak 2 kali. Pertemuan perdana kedua pasangan tersebut terjadi pada ajang Fuzhou China Open 2018, saat itu Hafiz/Gloria takluk dengan skor 15-21 dan 9-21.

Sedangkan pertemuan kedua terjadi pada Hong Kong Open 2018. Hafiz/Gloria kembali harus menyerah kalah lewat pertrungan ketat rubber game, dengan skor 12-21, 21-15, dan 13-21.

Sedangkan untuk sisa calon lawan lainnya, Hafiz/Gloria belum pernah sama sekali bertemu dengan mereka. Jika dicermati dari peringkat ranking BWF untuk kategori Road to Guangzhou, Hafiz/Gloria hanya kalah dari Peng Soon/Liu Ying yang duduk di peringkat 4, dan Wang/Huang yang menempati peringkat 5.

Peluang hasil pertandingan masih sama besar jika dalam undian grup nanti Hafiz/Gloria harus bertemu dengan salah satu dari mereka.

Sementara itu, Hafiz/Gloria diharapkan dapat mencuri poin jika pengundian grup mempertemukan mereka dengan Soon Huat/Lai yang berdiri di peringkat 7, atau pasangan Shevon Ellis/Lauren yang menempati posisi 8.

Kini tinggal kita tunggu saja, apakah pasangan ganda campuran Hafiz/Gloria mampu menunjukkan penampilan terbaiknya dalam ajang BWF World Tour Finals 2018, yang sebentar lagi akan digelar di Guangzhou, pada tanggal 12 sampai 16 Desember 2018.

*Seluruh data dan skor pertandingan yang digunakan dalam artikel ini, dirangkum dari laman resmi Federasi Bulu Tangkis Duni (BWF).


Baca juga artikel terkait BWF WORLD TOUR 2018 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis