Membandingkan Spesifikasi Vivo Y83 dan V9, Unggul Mana?

Oleh: Ibnu Azis - 5 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Vivo V9 dan Y83 bila dibandingkan, terlihat perbedaan pada komponen layar, dapur pacu, dan kamera.
tirto.id - Vivo belum lama ini melepas smartphone baru, Y83 yang mengusung "poni" atau notch di tepi atas layar. Desain panel tersebut mengingatkan pada perangkat V9 yang dilepas lebih dulu pada Maret lalu. Bila dua smartphone ini dibandingkan terkait spesifikasi, mana yang lebih unggul?

Vivo Y83 dan V9 masing-masing menawarkan sensasi layar FullView Display dengan aspek rasio kekinian 19:9. Rasio ini memiliki tampilan lebih luas dari rasio ponsel standar 16:9. Selain itu, bingkai tipis di dua perangkat tersebut membuat aksi main game dan menikmati konten multimedia jadi lebih menyenangkan.

Selain itu, kedua smartphone juga mengusung fingerprint dan ditopang baterai 3.260 mAh. Pada sisi desain, keduanya juga identik kendati memiliki dimensi yang berbeda. Berikut perbedaan Y83 dan V9 bila dilihat dari spesifikasi yang diusung.

Layar

Pada sektor ini, kedua smartphone sedianya memiliki diagonal yang hampir mirip. Vivo Y83 hadir dalam layar 6,22 inci sementara V9 menawarkan panel 6,3 inci. Namun, resolusi layar V9 unggul dengan FHD+ sementara Y83 hanya HD+.

Karena memiliki layar yang identik, hal ini juga berdampak pada dimensi. Vivo Y83 memiliki ukuran 155,21 x 75,24 x 7,7 mm dengan berat 151 gram, sementara V9 dikemas dalam dimensi 154,81 x 75,03 x 7,89 mm dengan berat 150 gram.

Dapur Pacu

Pada sektor ini kedua perangkat mengadopsi prosesor yang berbeda. Vivo V9 mengandalkan chipset Snapdragron 450 CPU octa-core dari Qualcomm. Sementara itu, kendati di laman resmi Vivo Indonesia tak ditampilkan informasinya, menurut GSM Arena dan laman Vivo Cina, Y83 mengusung prosesor Mediatek chipset Helio P22 juga dengan jumlah inti sama.

Pada RAM dan ROM, Vivo V9 membawa kombinasi 4GB/64GB sementara Y83 hanya 4GB/32GB. Kendati berbeda di storage internal, Vivo hadirkan slot microSD dengan dukungan sama hingga 256GB. Selain itu, kedua perangkat juga berjalan di Funtouch OS 4.0 berbasis Android 8.1 Oreo.

Kamera

Untuk sektor fotografi, Vivo V9 unggul dengan kamera belakang ganda 12MP+2MP masing-masing bukaan f/2.0 dan didukung flash dengan lensa selfie 24MP bukaan f/2.0. Sementara pada Y83 hanya dipersenjatai lensa utama 13MP dan belakang 8MP masing-masing bukaan f/2.0.

Kendati "kalah" di sektor ini, Vivo Y83 juga membawa keunggulan V9 pada teknologi AI Face Beauty. Fitur ini mampu mendeteksi jenis kelamin, usia, warna, dan tekstur kulit serta pencahayaan di lingkungan sekitar. Teknologi tersebut juga dapat menyesuaikan setiap fitur wajah sehingga hasilnya dapat menampilkan kecantikan alami.

Berdasarkan laman e-commerce JD.ID, Vivo V9 dijual dengan harga Rp3,799 juta sedangkan Y83 ditawarkan Rp3,199 juta. Bila berkaca pada perbandingan di atas, V9 tentu lebih unggul. Kendati demikian, pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda akan sebuah smartphone. Selain itu, kedua perangkat mempunyai segmen sendiri dan tak saling tumpang tindih.

Bila menginginkan smartphone dengan desain dan layar kekinian serta fitur kamera canggih, Vivo V9 bisa jadi pilihan. Sebaliknya, bila kualitas sektor fotografi lebih rendah tak jadi persoalan, Vivo Y83 dapat diandalkan sekaligus memiliki harga lebih terjangkau.


Baca juga artikel terkait VIVO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis