Marie Thomas di Google Doodle: Dokter Pertama & Tokoh Novel NH Dini

Oleh: Yulaika Ramadhani - 17 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Siapa Marie Thomas yang jadi google doodle hari ini, 17 Februari?
tirto.id - Google dengan Doodle-nya hari ini merayakan ulang tahun ke-125 Marie Thomas. Siapa sosok perempuan yang ada di google doodle hari ini tersebut?

Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama di Indonesia yang lahir 17 Februari pada tahun 1896 di desa Likupang, Indonesia.

Marie Thomas mengukir sejarah sebagai spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan.

Dalam keterangan dan deskripsi doodlenya, Google menjelaskan, Marie Thomas terkenal karena kemurahan hatinya.

Thomas sering memperlakukan mereka yang tidak mampu membayar perawatannya dengan gratis. Dia lebih jauh menunjukkan kecintaannya pada perawatan pasien dengan mendirikan sekolah kebidanan di Sumatera yang pertama; hanya yang kedua dari jenisnya di Indonesia saat itu.

"Selamat ulang tahun, Dr. Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasinya yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar kedokteran dan pendidikan tinggi," tulis Google.

Marie Thomas sering berpindah-pindah Indonesia selama masa kanak-kanak sebelum lulus dari sekolah Eropa yang berbasis di Manado.

Sebagai orang Minahasa, Marie Thomas ikut serta dalam Persatoean-Minahasa yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. Di perantauan, sebagai ahli kebidanan, ia ikut mendidik para bidan di Sumatera. Kiprahnya itu membuat ia menjadi tokoh masyarakat yang dihormati.

Saat itulah Charlotte Jacobs, salah satu apoteker wanita pertama di Belanda, mendukungnya dengan dana beasiswa untuk calon dokter wanita Indonesia. Pada tahun 1912, Thomas diterima di STOVIA (Sekolah Pendidikan Dokter Asli), yang sebelum pendaftarannya, adalah institusi khusus untuk laki-laki.

Sepuluh tahun kemudian, Marie Thomas mendapatkan gelar doktornya, suatu pencapaian yang berdampak internasional sehingga bahkan sebuah surat kabar Belanda pun mengumumkan kelulusannya. Tak ketinggalan, ia segera bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia (Jakarta modern).

Thomas kemudian pindah ke Padang, di mana ia melanjutkan karirnya yang luar biasa sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru, seperti IUD, kepada wanita di seluruh nusantara.

Marie Thomas menikah dengan dokter mata bernama Moehammad Joesoef pada tahun 1929. Joesoef berasal Solok dan merupakan kawannya semasa belajar di STOVIA. Pasangan ini tinggal di Padang. Pada 1931, mereka sempat tinggal di Jakarta dan kemudian kembali lagi Sumatra.

Marie Thomas meninggal pada tahun 1966, sementara suaminya lebih dulu mengembuskan napas terakhir yaitu pada tahun 1958.

Marie Thomas Tokoh dalam Novel Nh. Dini

Dalam Kisah Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama Indonesia dijelaskan nama Marie Thomas menjadi karakter dirinya sendiri dalam novel Nh. Dini yang berjudul Amir Hamzah, Pangeran dari Seberang (1981:156).

Hanya saja Marie Thomas dalam novel tersebut disebutkan sebagai lulusan NIAS Surabaya. Nh. Dini, seperti para penulis lain, menyebutnya sebagai dokter wanita pertama Indonesia.


Infografik Marie Thomas
Infografik Marie Thomas Dokter Perempuan Pertama. tirto.id/Sabit



Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight