Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Mulut hingga Anti-Kanker

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 26 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kandungan yang terdapat dalam daun sirih dipercaya bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari menunrunkan kolesterol hingga sebagai antikanker.
tirto.id - Daun sirih sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Daun ini berbentuk hati dan berwarna hijau tua yang berasal dari keluarga tanaman Piperaceae.

Masyarakat di India menggunakan daun sirih untuk berbagai keperluan, termasuk dalam ritual acara adat, keagamaan dan pernikahan.

Dalam pengobatan tradisional Cina, daun sirih digunakan untuk berbagai pengobatan karena diakui memiliki sifat detoksifikasi, antioksida dan antimutasi.

US National Library of Medicine National Institute of Health menuliskan, pada beberapa percobaan penelitian ekstrak daun sirih, ditemukan senyawa yang berperan dalam kebersihan mulut serta mengandung unsur anti-diabetes, kardiovaskular, anti-inflamasi, imunomodulator, anti maag, hepato pelindung, anti infeksi dan unsur lainnya,

Selain itu, ekstrak daun sirih juga diberikan untuk beberapa kegiatan biologis seperti antiinflamasi, antikanker, dan imunomodulator atau yang terkait dengan ekstrak daun dan senyawa yang dimurnikan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari daun sirih, melansir dari Lybrate.com.

1. Diabetes

Daun sirih dapat mengurangi kadar glukosa secara keseluruhan dalam darah Anda dan baik untuk penderita diabetes tipe 2 serta yang sering mengalami stres oksidatif.

Hal ini dapat menyebabkan menipisnya kandungan antioksida dalam tubuh, sehingga terjadi penumpukan secara mendasar dan bebas.

2. Rendah kolesterol

Kandungan eugenol yang terdapat dalam daun sirih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, eugenol juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di hati dan mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

3. Antikanker

Daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang mengandung berbagai sifat seperti antibakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan antiproliferasi. Selain itu mengandung phytochemical yang tinggi sehingga membantu melawan kanker.

Daun sirih juga membantu melawan stres oksidatif, yang menjadi faktor penting dalam mencegah kanker.

4. Antimikroba

Minyak atsiri alami yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu melawan infeksi. Selain itu, fenolik dan fitokimia dapat berpengaruh terhadap bakteri gram positif dan gram negatif.

5. Membantu menyembuhkan luka

Ekstrak daun sirih memiliki efek yang sangat kuat dalam menyembuhkan luka. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan di dalamnya.Daun sirih dapat menyembuhkan luka bakar dengan efektif.

6. Mencegah Asma

Kandungan anti inflamasi dapat membantu penyembuhan penyakit asma. Asma biasanya dipicu oleh histhamin yang disebabkan bronkiokonstriksi.

7. Membantu menghilangkan stres

Mengunyah daun sirih dipercaya dapat meredakan stres atau depresi, karena dapat merangsang pusat saraf sehingga membantu memulihkan suasana hati menjadi lebih baik.

Daun sirih juga membantu menghasilkan senyawa fenolik aromatik yang mampu merangsang jumlah katekolamin dalam sistem tubuh, hal ini juga secara langsung terkait dengan penurunan depresi.

8. Menyegarkan mulut

Daun sirih dipercaya bisa mengatasi berbagai persoalan mulut, seperti menyegarkan mulut, menghilangkan bau mulut dan mencegah berbagai infeksi.

Tidak hanya itu, daun sirih juga dapat melindungi rongga mulut Anda dari keries gigi dan mengurangi jumlah asam yang dihasilkan oleh bakteri.

9. Melindungi lambung

Fitokimia yang terkandung dalam sirih memiliki unsur antioksidan dan anti tukak untuk kesehatan lambung.

Radang lambung dapat menyebabkan kerusakan lapisan perut, penurunan produksi lendir lambung. Antioksidan dalam daun sirih dapat menyembuhkan infeksi luka.

Dilansir dari Indiatoday, daun sirih mengandung banyak nutrisi. Pada 100 gram daun sirih terdapat 1,3 mikrogram yodium, 1,1-4,6 mikrogaram kalium, 1,9-2,9 mikrogram vitamin A, 13-0 mikrogram vitamin B-1.

Selain itu mengandung 1,9-30 mikrogram vitamin B-2 dan 0,63-0,89 mikrogram asam nikotinat. Semua nutrisi ini baik untuk kesehatan.


Baca juga artikel terkait OBAT HERBAL atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight