Manfaat dan Cara Menggunakan Kuning Telur untuk Kesehatan Rambut

Kontributor: Dinda Silviana Dewi, tirto.id - 29 Jan 2020 13:24 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kuning telur bisa menjadi makanan yang baik untuk rambut. Kuning telur dapat menopang kesehatan rambut karena kombinasi vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya.
tirto.id - Kuning telur tak hanya nikmat jika dikonsumsi tetapi ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Kuning telur yang tergantung di bagaian putih telur tersebut memiliki kandungan nutrisi dan protein seperti biotin, folat, vitamin A, dan vitamin D.

Nutrisi yang terkandung secara alami dalam kuning telur sama dengan yang ada di rambut sehat dan berkilau. Beberapa orang mengoleskan kuning telur ke kulit kepala mereka sebagai perawatan untuk rambut rontok, rambut rapuh, atau mencoba membuat rambut mereka tumbuh lebih cepat.

Dilansir dari Style Craze, terdapat banyak manfaat telur yang baik untuk kesehatan rambut seperti:

1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Kandungan protein dan nutrisi yang melimpah pada telur berfungsi sebagai "makanan rambut." Nutrisi ini membantu meningkatkan laju pertumbuhan rambut Anda sekaligus mempromosikan pertumbuhan baru yang sehat.

2. Mengatasi rambut rontok

Nutrisi juga membantu mencegah kerontokan rambut dengan menstimulasi kulit kepala Anda dan memberi nutrisi, memperkuat akar rambut.

3. Meningkatkan elastisitas rambut

Kuning telur kaya akan biotin, yang membantu melembabkan rambut Anda dan meningkatkan elastisitasnya.

4. Mengatasi rambut yang rapuh

Telur dapat megatasi rambut yang rapuh, mencegah kerusakan dan rambut bercabang serta meningkatkan tekstur rambut Anda.

5. Menjadikan rambut bersinar

Protein yang ada dalam putih telur dapat membantu menyuburkan rambut Anda dan membuatnya bersinar dengan sehat.

6. Sembuhkan kerusakan

Rambut 70 persennya merupakan
protein. Sehingga protein dalam telur membantu membangun kembali celah keratin yang rusak pada struktur rambut Anda. Ini membantu menyembuhkan kerusakan.

Kuning telur bisa menjadi makanan yang baik untuk rambut. Kuning telur dapat menopang kesehatan rambut karena kombinasi vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya. Sebuah penelitian meyakini vitamin A, biotin, folat, menjadi nutrisi untuk pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut sehat. Lebih lanjut, kerusakan rambut dapat terhindarkan dengan mengaplikasikan kuning telur.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikannya?

Memperbaiki kualitas rambut dengan menggunakan kuning telur dapat dilakukan dengan tiga cara, menurut Healthline. Hal tersebut antara lain,

1. Masker rambut

Anda bisa membuat masker rambut menggunakan kuning telur dan minyak zaitun. Anda juga bisa menggunakan seluruh telur mentah tanpa mencampurnya dengan yang lain sebagai pelembab yang dalam.

Cara membuat dan menggunakannya,

- Aduk campuran kuning telur dan minyak zaitun yang telah disiapkan.
- Gunakan sarung tangan, oleskan masker ke rambut Anda menggunakan jari-jari Anda.
- Pastikan untuk melapisi bagian atas kulit kepala Anda dan ujung rambut Anda.
- Biarkan selama sekitar satu jam sebelum membilasnya dengan air dingin.

2. Diet

Anda juga dapat mencoba memasukkan lebih banyak telur dalam pola diet sebagai cara untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat.

Makan telur untuk sarapan dapat meningkatkan nutrisi Anda dengan memberi Anda protein, vitamin B, dan folat. Semakin baik Anda memelihara tubuh Anda, semakin baik rambut Anda akan terlihat.

3. Suplemen

Banyak suplemen di pasaran yang merupakan versi suling protein kuning telur. Anda dapat mencoba suplemen ini untuk mendapatkan nutrisi dalam kuning telur tanpa makan kuning telur atau menggunakan masker rambut kuning telur.

Tetapi bukti untuk menggunakan suplemen ini untuk meningkatkan pertumbuhan dan penampilan rambut belum pernah dibahas sebelumnya.

Jika Anda memiliki alergi terhadap telur, ada baiknya untuk tidak menggunakannya meski hanya digunakan sebagai masker rambut.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi kuning telur dalam jumlah besar, pastikan mengimbanginya dengan pola hidup sehat yang lain. Kuning telur memiliki kandungan kolestrol yang cukup tinggi dan kemungkinan beresiko terhadap kesehatan jantung.


Baca juga artikel terkait KUNING TELUR atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight