Makna di Balik Pose Anies-Cak Imin di Surat Suara Pilpres 2024

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 1 Des 2023 08:21 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pose Anies dan Cak Imin berbeda dalam surat suara karena ingin memperlihatkan ketulusan dan keikhlasan kepada masyarakat.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah merilis desain final surat suara Pilpres 2024. Pada desain surat suara tersebut, terdapat foto tiga peserta pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024.

Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dalam surat suara menggunakan jas berwarna hitam dengan kemeja putih di bagian dalam. Mereka juga berpose mengangkat tangan di dekat telinga. Pose tersebut berbeda dari capres-cawapres lainnya.

Terkait hal itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Surya Tjandra, menuturkan alasan pose Anies dan Cak Imin berbeda karena ingin memperlihatkan ketulusan dan keikhlasan kepada masyarakat. Mereka kata Surya juga bagian dari ikhtiar untuk mengulangi kemenangan serta memperkenalkan sejarah.

"Senyum hangat menunjukkan ketulusan dan keikhlasan serta totalitas dalam bekerja untuk bangsa. Sekaligus menunjukkan rekam jejak Anies dan Imin dalam kerja dan karya mereka di berbagai jabatan publik yang pernah mereka emban," kata Surya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/12/2023).

Sementara itu, Juru Bicara Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz, menjelaskan gaya Anies-Cak Imin serupa dengan surat Pilkada DKI Jakarta 2017 yaitu saat Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno. Dia menilai, Anies berusaha merawat sejarah yang dibuatnya. Dia mengibaratkan pose Anies-Imin tersebut sama dengan gaya Presiden Soekarno saat salam kemerdekaan.

"Itu memang salam merdeka melambangkan semangat dari pasangan AMIN untuk bisa memenangkan Pilpres," kata Usamah.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI, Idham Holik tidak mempermasalahkan mengenai pose tersebut. Dia pun menyerahkan tanggung jawab mengenai foto di surat suara kepada masing-masing tim capres-cawapres.

"Kami kembalikan semuanya kepada masing-masing Timses capres-cawapres yang penting kami tekankan adalah etika dan sopan santun," kata Idham.

Dikutip dari Antara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuturkan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah menyepakati desain surat suara untuk Pilpres 2024. Pada desain surat suara tersebut, terdapat foto tiga peserta Pilpres 2024.

Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dalam surat suara tersebut menggunakan jas berwarna hitam dengan kemeja putih di bagian dalam.

Pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terlihat mengenakan kemeja dengan warna biru yang sama.

Foto pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dalam surat suara tersebut tampak berbeda daripada dua paslon lain. Ganjar dan Mahfud tampak memakai kemeja dengan warna berbeda. Ganjar menggunakan kemeja berwarna hitam, sedangkan Mahfud berwarna putih.

Sebelumnya, KPU menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.




Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight