Mahfud MD Dampingi Purnawirawan TNI Bertemu Jokowi Bahas RUU HIP

Oleh: Andrian Pratama Taher - 19 Juni 2020
Para purnawirawan bertemu Jokowi hari ini, membahas RUU HIP dan beberapa masalah lain.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mendampingi sejumlah purnawirawan TNI untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6/2020). Salah satu yang akan dibahas adalah RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Para purnawirawan tersebut termasuk Try Sutrisno (Wakil Presiden ke-6 RI), Agum Gumelar (Dewan Pertimbangan Presiden 2018-2019), dan Kiki Syahnakri (Wakil Kepala Staf TNI AD 2000-2002). Total 14 purnawirawan bertemu Jokowi.

"Jam 10 pagi ini diterima Presiden. Ini tampaknya follow up dari pertemuan pak Mahfud dengan para purnawirawan pekan lalu," jelas Staf Khusus Menkopolhukam Rizal Mustary dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Dalam pertemuan di Kantor Kemenkopolhukam, Jumat (12/6/2020) lalu, para purnawirawan yang sebagian besar merupakan anggota Legiun Veteran RI mengatakan mereka ingin betul bertemu Jokowi.

"Kami dulu sering bertemu dan berdialog dengan Presiden, tapi kami paham betul beliau sekarang sangat sibuk," ujar Mayor Jenderal TNI (Purn) Saiful Sulun, juru bicara para purnawirawan.

Para purnawirawan juga mempertanyakan rencana pembahasan RUU HIP. Peraturan ini jadi perbincangan di tengah masyarakat karena cukup kontroversial. Try Sutrisno bilang ia dan veteran lain menolak peraturan ini.

Selasa (16/6/2020) lalu, pemerintah mengambil keputusan tak melanjutkan rancangan peraturan yang diusulkan legislatif ini. Dengan demikian, pembahasannya resmi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.


Baca juga artikel terkait RUU HIP atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Rio Apinino
DarkLight