Zulkifli Muhammad Ali

(Ustaz) Penceramah
Lahir-
Profesi(Ustaz) Penceramah
Karier
  • (Ustaz) Penceramah
Zulkifli Muhammad Ali adalah seorang Ustaz. Pada Kamis, Rabu 17 Januari 2018, ia ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian, yang menyinggung isu suku agama ras dan antargolongan (SARA), oleh penyidik Bareskrim Polri. Pada Kamis (18/1/2018), ia dipanggil oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri juga untuk diperiksa lebih lanjut. 

Penetapan status tersangka itu berdasarkan penerbitan Surat Perintah Penyidikan Nomor:SP.Sidik/73/1/2018/Dittipidsiber tanggal 3 Januari 2018. Zulkifli ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri usai datang laporan bernomor LP/1240/XI/2017/Bareskrim tertanggal 21 November 2017. 

Ia dilaporkan karena isi ceramah Zulkifli di sebuah masjid di Jakarta, yang diduga berisi ujaran kebencian berbau SARA. Video ceramah tersebut tersebar luas melalui media sosial dan youtube. 

Dalam salah satu video, Zulkifli dituduh mengajak umat Islam untuk bersatu karena akan ada konflik antara umat muslim dengan warga negara Cina yang diklaim telah membuat kartu identitas palsu untuk mendatangi Indonesia. 

Zulkifli diperiksa sebagai terlapor. Salah satu pasal yang dianggap dilanggar oleh Zulkifli adalah Pasal 45A juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang berbunyi: Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Sumber: Zulkifli Muhammad Ali Jadi Tersangka dan akan Diperiksa Kamis Besok