Zhou Youguang

Ahli Linguistik Cina
LahirCina, 13 Januari 1906
ProfesiAhli Linguistik Cina
Karier
  • Ahli Linguistik Cina

Zhou Youguang adalah seorang ekonom, bankir, sekaligus ahli linguistik yang menciptakan pinyin. Sistem romanisasi aksara Tionghoa tersebut untuk memudahkan aksara Tionghoa ditulis ke dalam aksara Latin.

Pria yang dikenal sebagai Bapak Pinyin ini mengenyam pendidikannya di St. John’s di Shanghai. Mempelajari linguistik merupakan salah satu hobinya hingga dia diminta oleh Zhou Enlai, Perdana Menteri Cina kala itu, untuk memimpin komite untuk menciptakan sistem alfabet bahasa Mandarin.

Pinyin ciptaannya tersebut resmi digunakan oleh pemerintah Republik Rakyat Cina (RRC) sejak tahun 1958, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada tahun 1982, dan akhirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1986.

Zhou pernah menjabat sebagai perwakilan bank Sin Hua yang ditempatkan di di New York hingga London. Dia merupakan penulis yang produktif, semasa hidupnya dia sudah menulis lebih dari 40 buku. Namun, beberapa bukunya dilarang beredar karena kritiknya terhadap pemerintah. Selain itu, 10 judul buku yang ditulisnya terbit setelah usianya menginjak seratus tahun.

Pada 14 Januari 2014, Zhou meninggal dunia di Beijing sehari setelah dia merayakan ulang tahunnya yang ke-111 tahun.

Sumber:

Ulang Tahun "Bapak Pinyin" Zhou Youguang Dirayakan Google Hari Ini