Viktor Bungtilu Laiskodat

Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI
LahirKupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 17 Februari 1965
Profesi Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI
Karier
  • Anggota Komisi I DPR RI
  • Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI
Pendidikan
  • Sekolah Tinggi Hukum Indonesia

Viktor Bungtilu Laiskodat secara profesional adalah seorang politikus senior Indonesia yang berasal dari Partai Nasional Demokrat. Ia pernah menjadi konsultan hukum dan juga pengacara di Kantor Hukum miliknya Viktor B Laiskodat Law Firm.

Viktor terpilih menjadi anggota DPR RI dari Partai NasDem dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II pada pemilihan umum legislatif 2014 dan ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI.

Saat ini ia menjabat pada Komisi I yang menaungi bidang Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika. Ia merupakan perwakilan dari Fraksi parta Nasdem yang memenangkan Dapil Nusa Tenggara Timur II yang meliputi daerah Kab. Belu, Kab. Kupang, Kab. Rote Ndao, Kab. Sabu Raijua, Kab. Sumba Barat, Kab. Sumba Barat Daya, Kab. Sumba Tengah, Kab. Sumba Timur, Kab. Timor Tengah Selatan, Kab. Timor Tengah Utara, dan Kota Kupang.

Ayah 1 orang anak ini dikenal sebagai pribadi yang tegas dalam ucapan dan tindakan. Namanya bukanlah nama yang asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya politisi di Senayan.

Pernah menjabat sebagai legislator periode 2004-2009, ia lalu bergabung bersama para inisiator Ormas Nasional Demokrat dan kemudian Partai NasDem untuk membangun bersama partai yang mengusung Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia. Viktor merasakan idealismenya menemukan muaranya dalam gagasan yang dibawa oleh Partai NasDem.

Jika selama ini kebanyakan politisi ataupun masyarakat awam berpikir bahwa dalam kontestasi pemilu legislatif, senantiasa terjadi perebutan nomor urut di surat suara. Namun tak begitu halnya dengan Viktor. Dari tujuh kursi di NTT II, dengan tujuh nama calon dari partai, Viktor mendapatkan nomor urut terakhir, nomor tujuh.

Bagi Viktor, hal itu bukan sebuah kontestasi, siapa yang mendapatkan nomor urut pertama, tapi ini soal amanah dan tanggung jawab yang diberikan oleh partai kepada dirinya, dengan tujuan untuk membesarkan Partai NasDem, dan mampu mengantarkan partai baru ini duduk di parlemen.

Jadi tak heran, jika ia dipercaya oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, untuk menjadi pemimpin politisi Nasdem di Senayan sebagai Ketua Bidang Pertanian & Maritim DPP Partai NasDem.