Susi Pudjiastuti

LahirPangandaran, Jawa Barat, Indonesia, 15 Januari 1965
Profesi
Karier
  • Owner ASI Pudjiastuti (1996-2016)
  • Owner Susi Air (2004-2016)
  • Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (2014-2016)
Pendidikan
  • SMA 1 Yogyakarta (1980-1982)

Susi Pudjiastuti dikenal sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo sejak 2014. Sebelumnya Susi adalah pengusaha pengekspor ikan dari Pangandaran. Juga pemilik Susi Air yang mengoperasikan 50 pesawat berbagai armada tipe pesawat seperti Cesna Grand Caravan, Pilatus PC-06 Porter, dan Piaggio P180 Avanti. Tercatat, Susi Air mempekerjakan 175 pilot asing. Total Susi Air adalah 179 pilot.
Nama Susi dikenal publik karena aksi penenggelaman kapal-kapal nelayan asing. Puluhan kapal nelayan asing ditenggelamkan di masa kepemimpinannya sebagai menteri. Harapannya menghilangkan pencurian ikan oleh kapal asing, dan meningkatkan pendapatan Indonesia dari sektor perikanan. Imbasnya, ekspor ikan Indonesia mulai naik daun.
Susi hanya berijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Susi dikabarkan tak meneruskan sekolahnya di SMA 1 Yogyakarta pada saat ia duduk di kelas 2. Beberapa media menyebut Susi dikeluarkan dari sekolah karena aktifannya dalam gerakan golongan putih (Golput) pada era 1980an. Masih semuda itu sudah ikut gerakan politik? Beberapa media lain menyebut alasan lain, Susi muda sering sakit-sakitan karena itu ia memilih untuk berhenti sekolah.
Tapi Susi sendiri mengatakan dirinya memang tidak menyukai dunia sekolah. Karenanya ia memilih untuk hidup bukan dengan ijazah melainkan dengan keuletan. Pernah suatu kali ia mengatakan “Orang putus sekolah itu harus berjuang 3 kali lipat dibanding yang sekolah”. Susi kemudian menekuni bisnis ikan. Di mulai dari tanah kelahirannya di Pangandaran, bisnis ikan Susi menanjak dari tingkat lokal ke nasional. Pada 1996, Susi mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, sebuah perusahaan pengelolaan ikan.
Tapi belakangan ketika bisnisnya semakin besar, ia terkendala masalah transportasi yang cepat. Ia berpikir untuk mengangkut ikan-ikannya menggunakan pesawat udara. Mulailah ia membangun sebuah perusahaan pesawat untuk perusahaannya.
Pesawat Susi adalah pesawat pertama yang mendarat di Aceh pasca Tsunami 2004. Mulanya pesawat itu hendak membawa ikan, namun karena Tsunami, untuk sementara digunakan untuk mengangkut bala bantuan untuk para korban Tsunami.
Pada 2009, Susi mendirikan PT ASI Geosurvey Indonesia, perusahaan ini bergerak dalam pemetaan geografis wilayah. Publik Indonesia heboh ketika pelantikan sebagai Menteri, Susi kedapatan sedang merokok. Publik juga tahu Susi bertato. Susi Pudjiastuti memiliki tato burung Phoenix di pergelangan kaki kanannya.