Slobodan Praljak

Slobodan Praljak

timeter overall

0

Slobodan Praljak adalah mantan jenderal tentara Kroasia yang terlibat kejahatan perang terhadap etnis Bosnia. Slobodan divonis bersalah pada 2013 atas kejatahannya terhadap warga muslim Bosnia selama Perang Kroasia-Bosnia periode 1992-1994.


Saat itu, Slobodan menjadi pejabat tinggi di Kementerian Pertahanan Kroasia dan terlibat dalam penyusunan strategi perang, termasuk merancang aksi pembantaian warga sipil Bosnia.


Hukuman yang diterimanya atas kejahatan itu adalah 20 tahun penjara. Namun, pada 30 November 2017, Slobodan mati akibat meminum racun. Kejadian itu dilakukannya di hadapan Pengadilan Pidana Internasional untuk bekas Yugoslavia (ITCY) di Den Haag, Belanda. Dalam kejadian tersebut, Slobodan sempat dilarikan ke rumah sakit namun nahas nyawanya tidak tertolong.


Selepas perang, Slobodan pernah menjadi pebisinis di bidang teknik, film, dan teater. Kemudian pada 5 APril 2004, dia menyerahkan ke otoritas Kroasia. Setelah itu, Slobodan dikirim ke tempat tahanan penjahat perang milik ITCY (Pengadilan Pidana Internasional untuk bekas Yugoslavia) untuk diadili.



Sumber data:


https://tirto.id/eks-jenderal-kroasia-pembantai-muslim-bosnia-bunuh-diri-minum-racun-cAVK