Rocky Gerung

Pendiri SETARA Institute
LahirManado, Sulawesi Utara, Indonesia, 20 Januari 1959
ProfesiPendiri SETARA Institute
Karier
  • Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D)
  • Mantan Dosen Departemen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
  • Pendiri SETARA Institute
Pendidikan
  • Universitas Indonesia (1986)

Rocky Gerung merupakan seorang akademisi yang juga terkenal sebagai pengamat politik. Dia pernah mengajar di Departemen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia sebagai dosen tak tetap. Dia juga merupakan seorang peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi. Rocky Gerung lahir di Manado pada 20 Januari 1959.

Dia menempuh studinya di Universitas Indonesia pada tahun 1986 dan memperoleh gelar sebagai sarjana sastra Universitas Indonesia. Rocky Gerung diketahui sering menyampaikan kritik keras kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satunya terkait penanganan permasalahan hoax atau berita bohong yang belakangan ini menjadi pembicaraan banyak orang. Menurutnya, pemerintah pada saat ini sedang panik.

Dia sangat aktif menulis di berbagai media massa. Sejak tahun 2006 menjadi fellow pada sebuah Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) dan turut mendirikan SETARA Institute pada tahun 2007, sebuah perkumpulan yang didedikasikan bagi pencapaian cita-cita dimana setiap orang diperlukan setara dengan menghormati keberagaman.

Pada 7 November 2018, namanya banyak dicari warganet lantaran Budiman Sudjatmiko melakukan aksi walk-out saat Rocky sedang beragumentasi di salah satu stasiun televisi.