Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat
LahirBandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 4 Oktober 1971
ProfesiGubernur Jawa Barat
Karier
  • Founder Urbane Indonesia (2004-2016)
  • Dosen Tidak Tetap Institut Teknologi Bandung (ITB) (2002-2016)
  • Walikota Kotamadya Bandung (2013-2016)
  • Gubernur Jawa Barat
Pendidikan
  • Sarjana Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) (1990-1995)
  • Master of Urban Design University of California, Berkeley (1999-2001)

Mochamad Ridwan Kamil Wali Kota Bandung Periode 2013-2018. Sebelum memangku jabatan walikota, Ridwan Kamil adalah seorang arsitek dan dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung. Dia adalah pejabat dari kalangan profesional dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai calon wali kota Bandung. Ridwan Kamil didampingi Oded Muhammad Danial sebagai calon wakil wali kota.

Selain menangani kesejahteraan warga kota, sebagai walikota Bandung, Ridwan Kamil berusaha mengelola sampah Bandung. Dia memberdayakan warga kota dengan memberi bantuan alat pengolah sampah. Dia juga mengkampanyekan bersepeda di hari jumat. Ridwan Kamil berusaha menjadikan Kota Bandung sebagai Smart City. Dia sadar potensi kota Bandung yang memiliki banyak ilmuwan. Setidaknya, ada kampus Universtas Padjadjaran dan juga ITB yang terletak di Bandung.

Tahun 2004, dia mendirikan Urbane, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain. Perusahaan konsultan ini beberapa kali menggarap proyek di luar negeri. Selain sebagai lembaga profit, Urbane juga memiliki projek berbasis komunitas yang visi dan misinya adalah membantu orang-orang dalam sebuah komunitas perkotaan untuk memberikan donasi dan keahlian-keahlian dalam meningkatkan kualitas daerah sekitarnya.

Kang Emil kini memiliki program terbaru yaitu "Zero Stunting", program ini akan diluncurkan pada 18 November 2018. Zero Stunting sendiri merupakan kekurangan gizi pada balita yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak, untuk mensukseskan acara ini Kang Emil memilih pedangdut tanah air yaitu Ayu Ting Ting untuk mensukseskan acara tersebut.