Rhoma Irama

LahirTasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 11 Desember 1946
Profesi
Karier
  • Penyanyi, pemain film Seniman
Pendidikan
  • SDN Kibono Manggarai, Jakarta
  • SMP Pondok 1, Jakarta
  • SMA Saint Joseph, Solo
  • Universitas 17 Agustus, Jakarta

Raden Haji Oma Irama yang lebih populer dengan nama Rhoma Irama adalah musisi dangdut dan juga pemain film dari Indonesia yang dijuluki sebagai “Raja Dangdut”. Rhoma sudah menjadi penyanyi sejak tahun 70an. Ia memulai karernya dari sebuah band bernama Gayhand pada tahun 1963. Tak lama kemudian ia masuk orchestra Chandra Leka hingga akhirnya ia membentuk bandnya sendiri bernama Soneta pada 13 Oktober 1973. Soneta tercatat pernah meraih 11 Golden Record dari penjualan kaset-kasetnya.

Selain berkarier di dunia seni musik, ia juga berkarier di dunia politik. Di masa awal Orde Baru, ia sempat menjadi maskot penting PPP, setelah terus dimusuhi oleh Pemerintah Orde Baru karena menolak untuk bergabung dengan Golkar. Rhoma sempat tidak aktif berkarier politik, sebelum akhirnya ia dipilih menjadi anggota DPR mewakili utusan golongan yakni mewakili seniman dan artis pada tahun 1993. Pada pemilu tahun 2004 Rhoma tampil pula di panggung kampanye PKS.

Rhoma tercatat sempat berkuliah di Universitas 17 Agustus Jakarta, tetapi dia tidak menyelesaikan pendidikannya tersebut. Pada bulan Februari 2005, dia memperoleh gelar doktor honoris causa dari American University of Hawaii dalam bidang dangdut, namun penghargaan tersebut dipertanyakan legalistasnya, sebab universitas ini tidak terakreditasi secara resmi oleh pemerintah negara bagian Hawaii.