René Suhardono Canoneo

Founder Impact Factory / PT Indonesia Lebih Baik (2011-2016)
Lahir: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 7 Agustus 1972
Karir
  • Co-founder COMMA Coworking Place (2012-2016)
  • Co-founder Happy5 (2013-2016)
  • Founder & Career Coach CareerCoach Indonesia (2007-2016)
  • Founder Impact Factory / PT Indonesia Lebih Baik (2011-2016)

Nama Rene Suhardono sangat lekat dengan kata “Passion”. Rene, yang merupakan salah satu “career coach” ternama Indonesia, memang sering menggunakan kata-kata itu saat berbicara di hadapan publik.
Rene Suhardono lahir di Jakarta, 8 Juli 1972. Namanya mulai naik setelah menulis buku yang berjudul Your Job is Not Your Career. Buku itu cukup laris dan membuat Rene mulai dikenal sebagai career coach.Rene berargumen dalam bukunya bahwa pekerjaan berbeda dengan karir. Kita bisa dipecat dari pekerjaan tapi kita tidak bisa dipecat dari karir. Di buku ini pula, Rene mengajak kita untuk mengikuti passion. Apa yang ia tulis juga tak lepas dari pengalaman yang ia jalani dalam hidupnya.

Rene tinggal di keluarga yang mementingkan pendidikan. Ia selalu dituntut untuk memiliki pendidikan tinggi kemudian bekerja mendapatkan gaji tinggi. Ia menuruti permintaan keluarganya dengan bekerja sebagai bankir selama beberapa tahun. Sampai suatu ketika, ia merasa jenuh dengan pekerjaan, rutinitas, bahkan pakaian kantor yang selalu rapi dan orang-orang yang serius. Saat itu, Ia merasa bahwa kantor bukanlah dunianya dan ia memutuskan keluar dari pekerjaannya.

Ia kemudian berjalan-jalan dan merenungkan tujuan hidupnya. Ia berpikir kalau passionnya sebenarnya adalah makanan dan berinteraksi dengan banyak orang. Ia suka akan dunia kuliner dan juga yang berkaitan dengan pengembangan diri.

Hal itu mendorongnya bersama teman untuk mendirikan oraganisasi yang bernama Happy5. Organisasi ini bertujuan untuk membantu perusahaan untuk menciptakan "kultur kerja" yang membahagiakan dan menyenangkan. Kemudian ia juga mendirikan Impact Factory. Impact Factory adalah wadah konsultansi untuk membantu perusahaan dalam menciptakan kondisi terbaiknya dengan cara mengoptimalkan aset perusahaan, yaitu para pegawainya. Impact Factory juga mengenalkan pemikiran untuk melatih seseorang untuk menjedi wirausahawan. Rene mengatakan, seseorang belum menemukan karirnya jika mereka belum melakukan kegiatan yang mereka sukai sehingga tidak ada lagi beban saat mengerjakannya.

Buku pertamanya yang berjudul Your Job is Not Your Career “melejit” di pasaran. Buku ini sebenarnya adalah kumpulan kolomnya di harian Kompas. Tapi siapa sangka, pria yang menekuni dunia career coach ini ternyata mempunyai pengalaman yang sedikit bertolak belakang dengan apa yang telah dicapainya saat ini. Sewaktu mengikuti sebuah Tes Potensi Akademik saat duduk di bangku SMP dulu, ia “didiagnosis” jauh dari berbagai hal yang bersifat kreatif, termasuk menulis. Rekomendasi yang didapat dari tes itu adalah, Rene lebih baik terjun dalam dunia eksakta.

“Hingga akhirnya saya bertemu ayah kandung saya diusia 28 tahun. Itulah turning point dalam kehidupan saya,” kisah Rene. Menurutnya, perjalanan mencari sang ayah telah mengajarkan begitu banyak hal. Termasuk keimanannya terhadap Tuhan (believe in God), percaya bahwa segalanya telah diatur (don’t try too hard), dan makna keberadaan dirinya. Tiga hal itulah yang juga digunakan Rene memicu orang-orang untuk mencapai kebahagiaan.

DarkLight