STOP PRESS! Polda Metro Jaya Tangkap Pemilik Situsweb Nikahsirri.com

R Suprapto

R Suprapto

Lahir
Purworejo, 20/06/1920
Profesi
Letnan Jenderal TNI TNI Angkatan Darat (1945-1965)
Agama
Islam
Karier
  • Letnan Jenderal TNI TNI Angkatan Darat (1945-1965)

Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia yang termasuk ke dalam Pahlawan Revolusi. Suprapto menjadi salahsatu korabn dalam peristiwa 30 September 1965.


Pendidikan formal Suprapto yaitu MULO dan AMS (setingkat SMU) Bagian B di Yogyakarta yang selesai tahun 1941. Adapun pendidikan militernya dia dapat di Koninklijke Militaire Akademie di Bandung. Namun pendidikannya tidak selesai karena invasi Jepang ke Indonesia.


Sempat ditahan oleh tentara Jepang namun Suprapto berhasil melarikan diri. Kemudian Suprapto mengikuti Pusat Latihan Pemuda, latihan keibodan dan seinendan. Setelah itu, Suprapto bekerja di  Kantor Pendidikan Masyarakat.


Setelah kemerdekaan, Suprapto bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat di Purwekerto.


Semasa di TKR, Suprapto terlibat dalam pertempuran Ambarawa melawan Inggris. Dia dan pasukannya dipimpin oleh Panglima Besar Sudirman. Bahkan Suprapto pernah menjadi ajudan Sudirman.


Semasa kariernya, Suprapto pernah menjabat sebagai Kepala Staf Tentara dan Teritorial IV/ Diponegoro di Semarang. Kemudian Suprapto menjadi Staf Angkatan Darat, kemudian ke Kementerian Pertahanan di Jakarta. Suprapto juga pernah ditugaskan di Medan dengan menjabat sebagai Deputy Kepala Staf Angkatan Darat.



https://id.wikipedia.org/wiki/R._Suprapto_(pahlawan_revolusi)