Paul Labile Pogba

LahirLagny-sur-Marne, Perancis, 15 Maret 1993
Profesi
Karier
  • Pemain Sepakbola Manchester Utd (2016)
STATISTICS
WC
INT
Goal
1
56
Assist
-
44

Paul Labile Pogba adalah seorang pemain sepak bola profesional Perancis yang bermain untuk klub Liga Utama Inggris, Manchester United dan tim nasional Perancis. Dia berposisi sebagai gelandang tengah dan nyaman dalam bermain baik menyerang dan bertahan.

Paul Pogba memulai karirnya dalam dunia sepak bola sejak tahun 1999. Kala itu dia masih berusia 6 tahun dan bergabung dengan salah satu klub sepakbola lokal yaitu Roissy-en-Brie. Dia bermain untuk klub junior lokal tersebut selama 6 tahun lamanya.

Pada usianya yang menginjak 12 tahun, dia bergabung dengan tim junior Torcy FC. Namun, hanya semusim Pogba bermain di klub ini. Karir sepakbola Pogba kemudian berlabuh bersama dengan Le Havre FC. Dia bermain untuk klub ini selama 2 musim lamanya.

Pada musim keduanya bermain untuk Le Havre, dia menjadi kapten tim U-16 Havre dan sukses membawa timnya masuk ke babak final liga domestik. Dia sukses membantu Le Havre finish di peringkat kedua di bawah Lens.

Performa apiknya sukses membawa Le Havre bercokol di atas tim–tim elit seperti Lyon dan Nancy. Atas dasar pertimbangan performanya yang gemilang, banyak klub–klub elit eropa yang mulai menaruh ketertarikan pada diri pemain yang memiliki nama lengkap Paul Labile Pogba ini.

Kemudian di tahun 2009 Pogba bergabung ke akademi sepak bola Manchester United dan sempat bermain untuk MU ketika berusia 17 tahun. Sayangnya, dia hanya diberi kesempatan bermain 3 kali saja. Setelah merasa kurang berkembang bersama dengan akademi Setan Merah, akhirnya Pogba memutuskan untuk pindah ke klub Serie A Italia yaitu Juventus FC.

Karir Pogba di Timnas Prancis sudah terhitung sejak dia berusia 16 tahun dengan bergabung bersama Timnas U16. Bersama tim nasional U-16, Pogba didaulat menjadi kapten bagi Perancis dan sukses membawa Perancis menjuarai Tournoi du Val-de-Marne dan Piala Aegea. Pada level tim nasional U-17, ia bermain pada Kejuaraan Sepak Bola U-17 di Eropa yaitu pada UEFA 2010.

Terhitung Pogba telah bermain mewakili tim nasional U17, U18, dan U19. Pada level U-20, sebagai kapten dia sukses membawa Perancis menjuarai turnamen Piala Dunia U-20 pada tahun 2013 silam. Pogba sendiri melakukan debut untuk Timnas senior Perancis pada tanggal 22 Maret 2013 dalam kemenangan Prancis 3-1 atas Georgia.