Pangeran Diponegoro

Pahlawan Nasional Indonesia
Lahir: Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 11 November 1785
Karir
  • Pahlawan Nasional Indonesia
Bendara Pangeran Harya Dipanegara atau Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional. Diponegoro merupakan tokoh utama dalam peristiwa  Perang Diponegoro atau Perang Jawa pada 1825 hingga 1830.

Putra dari  Sultan Hamengkubuwana III ini lahir dengan nama Mustahar. Dia lahir dari seorang selir bernama RA Mangkarawati.

Akibat keterlibatannya dalam Perang Jawa, Diponegoro diasingkan ke Manado. Sebelumnya dia ditangkap oleh Belanda pada Maret 1830 saat sedang berunding dengan pihak Belanda di Magelang. Kemudian dia dibawa ke Batavia pada 5 April 1830.

Pada 11 April, Diponegoro diputuskan dibuang ke Manado, dia diasingkan bersama dengan Raden Ayu Retnaningsih, Tumenggung Dipasana dan istri, serta Mertaleksana, Banteng Wereng, dan Nyai Sotaruna.

Diponegoro sempat ditawan di Benteng Amsterdam kemudian dipoindahkan ke benteng Rotterdam Makassar, Sulawesi Selatan pada 1834.

Pada 8 Januari 1855, Pangeran Diponegoro meninggal dunia kemudian dimakamkan di Makassar. Pada  6 November 1973, Pangeran Diponegoro ditetapkan sebagi Pahlawan Nasional melalui Keppres No.87/TK/1973.
DarkLight