Neymar

LahirBrazil, 5 Februari 1992
Profesi
Karier
  • Pemain Sepak Bola Paris Saint-Germain (2017)
STATISTICS
WC
INT
Goal
2
192
Assist
1
106

Neymar adalah seorang pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain untuk klub Spanyol Barcelona. Dia bermain sebagai striker atau pemain sayap. Pada usia 19 tahun, Neymar memenangkan Pemain terbaik Amerika Selatan tahun 2011, setelah berada di peringkat ketiga pada tahun 2010. Dia masuk nominasi yang sama dan memenangkan lagi pada tahun 2012. Pada tahun 2011 Neymar menerima nominasi untuk FIFA Ballon d'Or , dimana ia menempati urutan 10, dan FIFA Puskás Award untuk Goal of the Year, yang ia memenangkan.[3] Dia dikenal karena akselerasinya, keterampilan dribbling, finishing dan kemampuan dengan kedua kaki. Gaya permainannya telah mendapat pujian kritis, oleh penggemar, media dan mantan pemain yang menggambarkan dan membandingkan dengan mantan striker Brasil Pelé, yang telah memanggil Neymar sebagai "pemain yang sangat baik", sementara Ronaldinho telah menyatakan "ia akan menjadi yang terbaik di dunia".

Setelah pertunjukan Neymar untuk tim U-17 Brasil di U-17 Piala Dunia 2009 di mana ia mencetak gol di laga pembuka melawan Jepang, mantan pemain sepak bola Brasil Pelé dan Romario dilaporkan mendesak pelatih Dunga untuk mengambil Neymar ke Piala dunia 2010. Meskipun pendapat luas bahwa Neymar layak mendapat tempat di skuad Dunga sejauh petisi 14.000 tanda tangan, dan meskipun tekanan besar pada Dunga untuk memilih Neymar, ia dihilangkan dari 23 skuad, dan daftar stand-by.

Pada tanggal 26 Juli 2010, Neymar terpilih untuk pertama kalinya di tim senior Brasil oleh pelatih kepala baru Mano Menezes untuk pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat yang akan dimainkan di East Rutherford, New Jersey.

Neymar telah menjadi ikon dalam mempromosikan musik pop modern Brasil, terutama Música sertaneja. Video di mana Neymar menari di ruang ganti Santos di depan rekan tim untuk lagu hit Michel Telo itu "Ai se eu te pego!" membawa perekam nya membuat demam gerakan tersebut. Dia membuat selebrasi tarian untuk lagu setelah mencetak gol dalam pertandingan sepak bola dan muncul langsung dengan Telo di salah satu konser yang terakhir.

Pada tahun 2012, Prancis Football menempatkan Neymar pada peringkat 7 dalam daftar pesepak bola terkaya di dunia, di belakang orang-orang seperti Lionel Messi (1) dan Cristiano Ronaldo (3), dengan penghasilan gabungan dari gaji, bonus dan pendapatan di luar sepak bola £ 11 juta (€ 13.800.000).


Sumber: Transfermarkt dan FIFA.com