Najwa Shihab

Jurnalis Indonesia
Lahir: Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 16 September 1977
Karir
  • Jurnalis RCTI
  • Jurnalis, Pembawa Acara Metro TV (2009-2017)
  • Pembawa Acara Trans TV (2018)
  • Jurnalis Indonesia
Pendidikan
  • Universitas Indonesia, Fakultas Hukum

Najwa Shihab merupakan jurnalis perempuan sekaligus pembawa acara televisi yang paling berbobot di Indonesia saat ini. Putri kedua dari mantan Menteri Agama Republik Indonesia, Quraish Shihab, ini dikenal cerdas dan lugas dalam membawakan program talkshow berjudul Najwa Shihab yang disiarkan di Metro TV sejak November 2009 hingga Agustus 2017. Setelah Najwa mundur dari MetroTV, program Mata Najwa kembali tayang di Trans TV pada 10 Januari 2018. Kala itu Najwa membawakan acara episode pertamanya itu dengan judul “Indonesia Rumah Kita”.


Lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, tanggal 16 September 1977, Najwa Shihab merintis karier jurnalistiknya di RCTI. Namun, pada 2001, lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ini pindah ke Metro TV yang dimiliki oleh politisi sekaligus pengusaha media nasional, Surya Paloh. Di Metro TV, Najwa pernah menjabat sebagai Wakil Pemimpin Redaksi Umum Metro TV. Kemudian dia mengakhiri kariernya di Metro TV pada 2017 dan bergabung dengan Trans TV. Selain itu, dia juga merupakan pendiri Narasi TV yang didirikannya pada 2018.


Nama Najwa Shihab kian menjulang setelah ia meliput langsung bencana tsunami yang melanda Aceh pada 2004. Tahun berikutnya, istri dari Ibrahim Sjarief Assegaf ini mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan PWI Jakarta Raya (PWI Jaya) untuk laporan-laporannya tentang tsunami Aceh tersebut.


Sejak 25 November 2009, Najwa Shihab memandu acara talkshow yang memakai namanya, yaitu Mata Najwa. Salah satu program yang menjadi unggulan Metro TV saat itu. Banyak tokoh kelas satu yang telah menjadi narasumber di program Mata Najwa, sebut saja BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, Basuki Tjahaja Purnama, hingga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi, dan masih banyak lagi.


Pada tanggal 8 Agustus 2017, melalui akun Twitter pribadinya @najwashihab, Najwa Shihab mengumumkan bahwa program talkshow Mata Najwa tidak akan mengudara kembali. Episode yang disebut-sebut sebagai episode live terakhir itu, yaitu yang menayangkan wawancara khusus dengan Novel Baswedan, tayang pada 26 Juli 2017.


Pada akhir Desember 2018, namanya disebut sebagai salah satu calon moderator Debat Pilpres 2019. Namun, dia belum berkesempatan membawakan acara tersebut. Hal ini dikarenakan muncul juga pro dan kontra dalam penunjukkan Najwa sebagai moderator debat. Timses Prabowo-Sandiaga menilai Najwa tidak netral dan meminta KPU agar mencari figur lainnya untuk menjadi moderator debat.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
November 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 181 sentiment publik
56%
4%
40%
Oktober 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 1.047 sentiment publik
72%
5%
23%
DarkLight