Muhammad Afnan Hadikusumo

Anggota DPD RI
Lahir: Yogyakarta, Jalan Kauman, Ngupasan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 6 Februari 1967
Karir
  • Anggota DPD RI
Pendidikan
  • Universitas Gadjah Mada

Muhammad Afnan Hadikusumo  merupakan  putera keempat dari tujuh bersaudara yang dilahirkan pada 6 Februari 1967 dari pasangan Hibrizie Hadikusumo dengan Siti Maryam. Sejak kecil Ia tumbuh di sebuah kampung Muhammadiyah di pusat kota Yogyakarta yaitu Kauman. Dari sanalah aktivitas dan pengalaman organisasinya ditempuh.

 

Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini, sebelum bergabung dengan DPD RI merupakan  anggota DPRD Propinsi DIY periode tahun  2004 – 2009. Muhammad Afnan Hadikusumo merupakan incumbent yang sebelumnya menduduki posisi sebagai anggota DPD RI perwakilan Provinsi DIY periode tahun 2009 – 2014, kembali terpilih sebagai anggota DPD RI periode tahun 2014 – 2019 dengan perolehan suara sebesar 144.820 suara.

 

Muhammad Afnan Hadikusumo lahir di Yogyakarta, 6 Februari 1967. Ia merupakan sosok muda yang kritis. Menjadi Anggota DPD merupakan wadahnya untuk bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat dan menyelesaikan masalah-masalah, mulai dari polemik ujian nasional (unas), penyelenggaraan haji, Askeskin, pemberantasan korupsi, hingga undang-undang yang perlu direvisi.

 

Afnan menjadi anggota DPD RI periode 2009-2014 daerah pemilihan DI Yogyakarta setelah KPU menetapkan jumlah perolehan suara pemilu 2009 lalu. Mantan Anggota DPRD Prov. DIY ini menganggap hal-hal tersebut harus cepat diselesaikan oleh karenanya Afnan yang juga anggota Panitia Perancang Undang-Undang DPD RI PPUU sedang mengkaji beberapa undang-undang yang ditengarai tidak sesuai tuntutan masyarakat. Saat ini Afnan duduk sebagai anggota Komite III yg membidangi masalah kesejahteraan sosial, meliputi: pendidikan, agama, kesehatan, tenaga kerja, perempuan, kepemudaan, dll. Selengkapnya...

 

Muhammad Afnan Hadikusumo, lahir di ,06 Februari 1967 merupakan  putera keempat dari tujuh bersaudara dari pasangan Hibrizie Hadikusumo dengan Siti Maryam. Sejak kecil Ia tumbuh di sebuah kampung Muhammadiyah di pusat kota Yogyakarta yaitu Kauman. Dari sanalah aktivitas dan pengalaman organisasinya ditempuh.

DarkLight