Michael Hartono

Direktur Djarum (1963 - 2016)
LahirKudus, Jawa Tengah, Indonesia, 2 Oktober 1939
ProfesiDirektur Djarum (1963 - 2016)
Karier
  • Direktur Djarum (1963-2016)
Pendidikan
  • Universitas Diponegoro (1959-1963)

Michael Hartono alias Oei Hwie Siang adalah pengusaha Tionghoa Indonesia yang masuk daftar orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes edisi 23 November 2011. Bersama adiknya Robert Budi Hartono menduduki peringkat satu. dengan total kekayaan US$ 14 miliar. Mereka berdua mewarisi Djarum dari ayah mereka, Oei Wie Gwan yang meninggal pada tahun 1963. Oei Wie Gwan meninggal tidak lama setelah pabrik rokok Djarum terbakar habis.

Michael dan Robert bahu membahu mengibarkan bendera Djarum sampai ke luar negeri. Djarum mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat, melampaui Gudang Garam dan Sampoerna. Mereka berdua tak hanya bermain di industri rokok. Michael dan Robert juga pemegang saham terbesar dari Bank Central Asia (BCA). Melalui Farindo Holding Ltd, mereka berdua, menguasai 51 persen saham BCA. Di bidang perkebunan mereka membangun, Hartono Plantation Indonesia. Tahun 2001, mereka juga membeli Salim Oleochamicals, perusahaan yang memproduksi minyak sawit dan minyak kelapa untuk sampo. Mereka juga memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat sejak tahun 2008.

Di bidang properti, mereka adalah pemilik Grand Indonesia. Perusahaan mereka, Fajar Surya Perkasa yang membangun Mall Daan Mogot dan Nagaraja Lestari yang membangun Pulogadung Trade Center. Perusahaan properti mereka membangun perumahan hingga hotel. Hartono bersaudara itu mendirikan juga Global Digital Prime Venture yang mengambil-alih pengelolaan kaskus, sebuah forum online terbesar di Indonesia.