Maimun Zubair

Tokoh Ulama Indonesia
LahirRembang, Jawa Tengah, Indonesia, 28 Oktober 1928
ProfesiTokoh Ulama Indonesia
Karier
  • Tokoh Ulama Indonesia
Kiai Haji Maimun Zubair atau yang lebih akrab disapa Mbah Mun adalah seorang tokoh ulama dan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dia merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang.

Maimun memperoleh pendidikan agamanya dengan mondok di Lirboyo, Kediri. Di sana dia berguru pada KH. Mahrus Ali dan KH. Marzuki Dahlan. Selain itu, dia jua memperoleh ilmu agama dari Mekkah dengan berguru kepada ulama ternama di sana seperti Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki, Syekh al-Imam Hasan al-Masysyath dan Sayyid Amin al-Quthbi.

Karier politiknya bersama Partai Persatuan Pembangunan pernah membawa dia menjadi anggota DPRD Kabupaten Rembang selama 7 tahun.

Maimun juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Persatuan Pembangunan. Pada 2016, nama Mbah Mun tercatat dalam kepengurusan partai berlambang Ka’bah tersebut untuk periode 2016-2021. Dia terdaftar sebagai anggota Majelis Tinggi (A'la) PPP bersama dengan  Lukman Hakim Saefuddin dan Zarkasih Nur sedankan yang menjadi ketuanya yaitu Romahurmuziy.