Mahfudz Siddiq

LahirJakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 25 September 1966
Profesi
Karier
  • Anggota DPR RI (2009-2014)
Pendidikan
  • S1 Fisip UI Jurusan Ilmu Politik.
  • S2 Fisip UNAS Jurusan Ilmu Politik.

Mahfudz Siddiq merupakan seorang politisi Indonesia yang tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan merupakan Ketua Komisi I DPR RI. Mahfudz berasal dari daerah pemilihan Jawa Barat VIII. Mahfudz menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Politik dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di Fakultas Ilmu Politik Universitas Nasional dengan mengambil jurusan linear ; Ilmu Politik.

Berberkal latar belakang ilmu politik yang ia miliki, Siddiq mengasah kemampuan politiknya dengan menjadi Ketua Kader PKS pada tahun 1999-2005, dan kemudian ia terpilih sebagai ketua Badan Perencanaan Dakwah DPP PKS pada tahun 2005 hingga 2009. Mahfudz juga terkenal sangat aktif di sosial media dan blog yang ia miliki, hal ini ia lakukan sebagai seorang politikus agar lebih dekat dengan rakyat. Dalam akun facebooknya yang bernama Mahfudz Siddiq dan disukai oleh 3.204 pengguna itu, Siddiq sering membagikan kegiatan dan berita yang menjadi fokusnya dalam bidang pemerintahan. Selain akun facebook Mahfudz juga memiliki akun twitter yang ia gunakan untuk membagi berita dan berdakwah.

Pada Maret 2011 lalu, Mahfudz Siddiq memunculkan kontroversi dengan isu poligami. Mahfudz diduga melakukan tindakan poligami tanpa sepengatahuan dan seijin istrinya. Selain Mahfudz terdapat dua anggota PKS yang diduga melakukan hal yang sama, yaitu Luthfi Hasan Ishaag yang merupakan Presiden PKS, dan Tifatul sembiring yang merupakan Mantan Presiden PKS. Hal tersebut bisa dibilang mencoreng nama PKS yang dikenal sebagai partai Islam yang bersih dan berbudaya.