Maher Zain

Penyanyi Swedia
Lahir: Swedia, 16 Juli 1981
Karir
  • Penyanyi Swedia

Maher Mustafa Maher Zain adalah penyanyi asal Swedia berdarah Lebanon. Maher merilis album perdananya berjudul Thank You Allah tahun 2009 oleh Awakening Records dan menjadi album yang sukses sekaligus mengangkat kembali pamor musik islam di dunia. Album keduanya yang berjudul Forgive Me dirilis tahun 2012 oleh label yang sama. 

Pada bulan Januari 2009, Maher bekerja sama dengan perusahaan musik islam Awakening Records mulai membuat proyek album perdananya dan akhirnya pada tanggal 1November 2009, album perdana Maher dirilis dengan nama Thank You Allah. Album tersebut berisi 13 lagu dengan 2 lagu tambahan. Album ini dirilis kembali dalam versi perkusidan versi bahasa perancis yang ada di salah satu lagu tersebut.[8]

Pada awal 2010, lagu-lagunya pada album tersebut menjadi terkenal di Timur Tengah serta para pemuda muslim di negara-negara barat. Akhir 2010, ia menjadi artis yang sering dicari lewat Google di Malaysia. Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara di mana Maher mendapat kesuksesan karena album tersebut meraih beberapa platinum oleh perusahaan musik asal Malaysia Warner Music Malaysia dan asal Indonesia Sony Music Indonesia dan Hits Records. Di Malaysia, Album ini meraih penjualan tertinggi tahun 2010.

Pada bulan April 2012, ia merilis album keduanya yang berjudul Forgive Me. Dalam album ini, Maher memasukkan lagu-lagu yang lebih dinamis serta modern dibandingkan dengan album sebelumnya.[14]

Maher tidak hanya bernyanyi dalam bahasa inggris dan bahasa Jawa saja ia juga bisa bernyanyi dengan bahasa lain. Lagu "Insha Allah" di album perdananya ia nyanyikan dengan berbagai macam bahasa yaitu Arab, Turki, Perancis, Melayu, serta Indonesia. Lagu lainnya seperti "Allahi Allah Kiya Karo" ia nyanyikan menggunakan Bahasa urdu di bagian Reefnya dan juga ia nyanyikan bersama dengan penyanyi muslim asal Kanada Irfan Makki.

Maher sering mengadakan konser di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Arab Saudi, Mesir, Malaysia, dan Indonesia. ia juga memiliki klub penggemar di seluruh dunia seperti Malaysia, Maroko, Mesir, dan lain-lain. 

 

 

 

DarkLight