Joey Alexander

LahirDenpasar, 25 Juni 2003
Profesi
Karier
  • Musisi, Pemain piano Jazz

Josiah Alexander Sila atau yang lebih dikenal dengan nama Joey Alexander adalah seorang pianis muda berusia 13 tahun asal Indonesia. Dalam usia yang masih sangat muda, Joey telah mampu menguasai teknik permainan piano dan improvisasi yang sangat penting dalam aliran musik Jazz.

Joey Alexander Sila lahir di Bali, Indonesia, dari pasangan Denny Sila dan Farah Leonora Urbach, yang menjalankan usaha wisata petualangan. Ia adalah keponakan dari penyanyi Nafa Urbach. Ayahnya adalah musisi amatir, dan kedua orang tuanya adalah penggemar musik jazz, khususnya karya Louis Armstrong.

Joey belajar jazz dengan mendengarkan album klasik ayahnya. Pada usia enam tahun ia belajar sendiri bermain piano dengan keyboard listrik kecil pemberian ayahnya, dengan mendengarkan komposisi seperti "Well, You Needn't" karya Thelonious Monk dan lagu-lagu jazz lain yang dikoleksi ayahnya

Ia merilis album pertamanya yang berjudul “ My favorite Things” pada tanggal 12 Mei 2015 di bawah label Motema Record, New York, Amerika Serikat. Melalui album ini Joey mendapatkan nominasi Anugerah Grammy 2016 untuk dua kategori yaitu Best Instrumental Jazz Album dan Best Jazz Solo Improvisation.

Dalam acaea penghargaan bergengsi tersebut, ia juga bekesempatan tampil sepanggung dengan Adele,Taylor Swift,Ed Sheeran,Bruno Mars dan penyanyi kelas dunia lainnya di Grammy Awards 2016. Ia juga menjadi Artis Asia Tenggara pertama yang tampil di acara tersebut.

Joey hampir sepenuhnya belajar musik jazz sendiri (autodidak) sejak usia enam tahun, ketika ia diberi hadiah keyboard oleh orang tuanya. Ia pernah tampil di hadapan Herbie Hancock dan Bill Clinton

Pada tahun 2014, Wynton Marsalis mengundang Joey untuk bermain di malam gala Jazz at Lincoln Center 2014, dan ia menjadi "sensasi dalam semalam", tulis The New York Times. Joey memenangi Grand Prix dalam Master-Jam Fest 2013, dan tampil di Montreal International Jazz Festival dan Newport Jazz Festival 2015.

Joey juga merupakan artis Indonesia pertama yang berhasil masuk dalam Billboard 200 di Amerika Serikat dengan album debutnya “My Favorite Things” dan menduduki peringkat 174 pada 30 Mei 2015.