Hutomo Mandala Putra

Pemilik Humpuss Grup (1984 - 2016)
LahirJakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 21 Juli 1962
ProfesiPemilik Humpuss Grup (1984 - 2016)
Karier
  • Pemilik Humpuss Grup (1984-2016)

Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto adalah pengusaha besar pemimpin grup usaha Humpuss. Tommy pemegang 60 persen saham di perusahaan tersebut. Humpuss Group memiliki lebih dari 60 anak perusahaan aktif dalam industri dalam negeri. Perusahaan-perusahaan itu bergerak dalam bidang yang beragam, ada yang bergerak di bidang kontruksi, departemen store, sampai perusahaan farmasi.

Tommy adalah putra bungsu sekaligus kesayangan mantan Presiden Soeharto. Ia juga terkenal karena pernah juara turnamen tembak reaksi dan sering ikut balap mobil.

Nama Tommy identik dengan proyek mobil nasional Timor di tahun 1996. Mobil ini diklaim produk nasional meski perakitan awalnya di Korea. Disinyalir Tommy sebagai pengusaha mendapat banyak fasilitas dari negara. Hingga mobil ini harganya lebih murah dari mobil lain. Karena bebas biaya masuk. Produsen mobil Jepang dan Amerika lalu protes ke World Trace Organization (WTO). Proyek Mobil Nasional ini bubar ketika Indonesia dilanda krisis moneter dan ayah Tommy lengser dari kursi kepresidenan.

Tommy Soeharto pernah terjerat kasus pembunuhan Hakim Agung Syafiuddin Kartasasmita pada 26 Juli 2001. Tommy dijerat pula dengan pasal kepemilikan senjata api dan amunisi. Dia menjalani hukumannya sejak 16 Agustus 2002. Hutomo Mandala Putra singgah di Lembaga Permasyarakatan (LP) Batu, Nusakambangan, lalu dipindah ke Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cipinang sejak tanggal 3 April 2006.

Hutomo Mandala Putra mendapatkan keringanan hukuman dari 15 tahun menjadi 10 tahun penjara dari Mahkamah Agung. Hutomo Mandala Putra mendapatkan remisi sebanyak enam kali sejak divonis tahun 2002 hingga November 2005. Tommy mendapat banyak remisi dan potongan masa tahanan. Tommy yang semestinya bebas pada tahun 2011 sudah dapat keluar dari penjara pada oktober 2008.

Kasus lain Tommy adalah dugaan pembujukan pembelian pesawat Roll Royce Trent 700 untuk pesawat Airbus A330. Menurut penyidik, terkait kasus ini, Tommy Soeharto diduga menyimpan uang sebesar 20 juta dolar AS dansatu unit mobil Rolls Royce.

Sebagai pecinta otomotif, Tommy tak hanya dikenal sebagai pembalap. Dia pernah menjadi Ketua Umum IMI Pusat selama dua periode. Dia juga orang Indonesia pertama yang berhasil memprakarsai penyelenggaraan Rally Dunia di Indonesia. Rally tersebut diadakan di Medan 1996 dan 1997.

Tommy kini melebarkan sayapnya di dalam bisnis retail "Goro", jika melihat kembali kebelakang ternyata GORO merupakan bisnis lama keluarga cendana dan sempat mengalami masa jaya saat Orde Baru.

Sebuah seremoni meriah dengan tarian tradisional dilangsungkan di lokasi gerai GORO, Cibubur, pada Rabu 17 Oktober 2019. Nampak hadir Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Tommy, didampingi kedua saudara perempuannya Mimiek, dan Titiek Soeharto. Tommy memiliki target retail GORO bisa hadir di tingkat kabupaten seluruh Indonesia.