Edward Sirait

Direktur Umum Lion Air
LahirToba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia, 11 Oktober 1962
ProfesiDirektur Umum Lion Air
Karier
  • Freelance Lecturer Universitas Kristen Indonesia (1987-1995)
  • General Manager of Internal Audit PT Merpati Nusantara Airlines (Persero)
  • Direktur Umum Lion Air
Pendidikan
  • Ekonomi Manajemen, Universitas Kristen Indonesia

Edward Sirait lahir pada 11 Oktober 1962 di sebuah rumah adat batak (Jabu Bolon), di desa Dolok Nauli, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba-Samosir, Sumatera Utara. Ia adalah anak sulung, atau dalam tradisi batak disebut pahompu panggoaran. Edward Sirait adalah putra dari J. Sirait dan S. Sitorus. Kedua orangtuanya adalah pengajar. Setelah lulus dari pendidikan dasar, Edward Sirait melanjutkan pendidikan menengah dan atasnya di Jakarta.

Edaward Sirait adalah sosok yang religius, sangat kuat memegang adat, serta rendah hati dan ramah. Ia mempunyai hobi berlibur ke luar kota seorang diri. Hal tersebut ia lakukan untuk melupakan rutinitas bekerja dan menghapus penat. Keluarga Edaward Sirait tidak pernah merasa keberatan dengan hobi berliburnya.

Edward Sirait melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta. Ia mengambil jurusan ekonomi manajemen. Di tahun 1987, Edward Sirait berhasil meraih gelar dari universitasnya. Edward Sirait mengawali karirnya sebagai asisten dosen di Universitas Kristen Indonesia (UKI). Ia sempat menjadi pengajar tidak tetap selama 1987-1995.

Edward Sirait mengawali karir di maskapai penerbangan bersama PT Merpati Nusantara Airlines (Persero). Ia mengabdikan dirinya di Merpati Nusantara Airlines  selama sebelas tahun. Pada 2000, Edward Sirait memutuskan untuk mengakhiri pengabdiannya di Merpati Nusantara Airlines, dan bergabung dengan maskapai penerbangan yang baru muncul, Lion Air. Saat ini Edward Sirait tengah menduduki posisi sebagai direktur umum sebuah maskapai penerbangan, Lion Air. Sebelumnya, Ia ditugaskan untuk mengawasi Sumber Daya Manusia (SDM) Lion Air.

Lion Air adalah perusahaan maskapai penerbangan yang berawal dari perusahaan biro perjalanan, Lion Tours. Bertahun-tahun menggembleng pengalaman di dunia wisata, Lion Tours bertransformasi menjadi perusahaan maskapai penerbangan dengan nama Lion Air. Lion Air berdiri pada Oktober 1999, dan mulai beroperasi pada Juni 2000.