Eddy Kusnadi Sariaatmadja

CEO Emtek Group
Lahir: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 11 Desember 1963
Karir
  • CEO London Sumatra Plantation (1980-2016)
  • Founder Surya Citra Media
  • CEO Emtek Group
Pendidikan
  • University of New South Wales Australia

Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah pemilik dari Emtek Group. Dia adalah pemilik dari SCTV dan Indosiar yang termasuk saluran televisi terbesar di Indonesia. Kusnadi memulai karir sebagai distributor komputer Compaq di Indonesia dengan bendera PT. Elang Mahkota Teknologi. Perusahaan ini cikal bakal Emtek Group.

Kusnadi lalu mendirikan Surya Citra Media yang mengelola televisi swasta Surya Citra Televisi atau SCTV. Awalnya, SCTV didirikan oleh Peter Gontha, Henry Pribadi, Sudwikatmono, Aziz Mochtar, dan Halimah Bambang Trihadmodjo, saat ini 78,69% saham SCTV telah dimiliki oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja. Emtek Group memutuskan untuk melakukan akuisisi Indosiar dari Grup Salim.

Kusnadi juga terjun bisnis perkebunan. PT. London Sumatra Plantation miliknya menghasilkan karet, kelapa sawit, kopi, kakao, dan lain-lain. Meskipun awalnya milik orang Inggris, 64,4% saham perusahaan dimiliki Kusnadi. Dengan aset sebesar 2,98 trilliun rupiah dan keuntungan hingga 2 trilliun lebih, PT. London Sumatra Plantation juga menjadi usaha penting Kusnadi. Tahun 2006, SCTV telah menyumbangkan keuntungan hingga Rp1,82 trilliun pada pundi-pundi Emtek Group. Kusnadi adalah lulusan teknik sipil dari University of New South Wales di Australia pada Tahun 1978 serta S2 juga di bidang teknik pada tahun 1980.

DarkLight