STOP PRESS! Teks Lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

DL Sitorus

DL Sitorus

Lahir
Parsambilan, 12/03/1938
Profesi
Pengusaha Indonesia (-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • Pengusaha Indonesia (-)

Sutan Raja Darianus Lungguk Sitorus atau yang dikenal dengan nama DL Sitorus adalah seorang pengusaha sukses asal Sumatera Utara. Selain memiliki perkebunan kelapa sawit dengan luas 47.000 hektar , DL Sitorus juga memiliki yayasan pendidikan.


Konglomerat ini juga dikabarkan memiliki gedung-gedung untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan suku Batak yang diberi nama "Rumah Gorga" yang tersebar di Jakarta dan Bekasi.


DL Sitorus dilahirkan di Parsambilan, Kecamatan Silaen, Toba Samosir, Sumut. Dia kemudian pindah dan besar di Siantar. DL Sitorus menikah dengan Boru Siagian, dan dikaruniai 5 orang anak, 2 perempuan dan 3 laki-laki.


Tahun 1989 DL Sitorus memperkuat bisnisnya di dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta.


DL Sitorus adalah tokoh yang sangat dihormati di kampung halamannya, karena masyarakat Tobasa sangat menghormati DL Sitorus, mereka sampai mengabadikan nama DL Sitorus menjadi nama suatu jalan di Kabupaten Toba Simosir. Jalan sepanjang 12 KM itu diresmikan oleh Bupati Tobasa sendiri dengan nama resmi jalan DR Sutan Raja DL Sitorus.


Penghasilannya dari perkebunan kelapa sawit diperkirakan mencapai Rp. 600 Milyar pertahun. Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2010-2012 penghasilan DL Sitorus dari PT Tg miliknya mencapai Rp. 1,3 Triliun.


Pada 3 Agustus 2017 pukul 14.15 WIB DL Sitorus meninggal dunia dalam pesawat dalam perjalanan seorang diri dari Jakarta menuju Medan.