STOP PRESS! Tim Penyidik KPK Geledah Kantor Bupati Kukar

Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono

timeter overall

+33
Lahir
Surakarta, 05/11/1954
Profesi
Menteri PU dan Perumahan Rakyat Kementerian RI (2014-2019)
Agama
Islam
Karier
  • Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum (2005-2007)
  • Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum (2007-2013)
  • Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (-)
  • Menteri PU dan Perumahan Rakyat Kementerian RI (2014-2019)
Pendidikan
  • S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (-)
  • Magister (S2) Colorado State University, Amerika Serikat (-)
  • Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat (-)

Sosok Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M. Sc., Ph.D bukanlah tokoh yang baru, namun ia merupakan sebuah wajah baru didalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Basuki lahir pada tanggal 05 November 1954. Ayahnya dulu adalah seorang TNI Angkatan Darat. Meskipun berasal dari Surakarta namun ia tumbuh dan besar dengan nomaden, hal ini dikarenakan tuntutan pekerjaan sang ayah.


Walaupun ia hidup dengan berpindah-pindah, lantas tidak menyebabkan kualitas pendidikan Basuki menjadi buruk. Ia bahkan diketahui sangat fokus dengan pendidikannya. Sebelum tamat SMP di Palembang, Basuki harus pindah ke Irian Jaya dan meneruskan pendidikannya disana. Sebelum lulus SMA, Basuki harus pindah ke Surabaya, di sana ia sekolah di SMA Negeri 5 Surabaya.


Pada tahun 1979 Basuki berhasil meraih gelar Sarjana (S1) Teknik Geologi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya pada program Master dan Doktor di Teknik Sipil Colorado State University, USA dan mengambil bidang pengairan. Ia memperoleh beasiswa S2 dan S3 tersebut dari Departemen Pekerjaan Umum, tempat dimana ia bekerja hingga saat ini.


Selesai memperoleh gelar S3 nya ia kembali ke tanah air dan menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum selama periode 2005 hingga 2007. Kemudian pada tahun 2012 ia menjabat sebagai Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Setelah itu Basuki tercatat menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Umum hingga tahun 2013.


Pada masa pemerintahan SBY-JK, Basuki pernah dipercaya untuk menjadi tim penanggulangan lumpur Lapindo, Porong, Jawa Timur. Ia mulai mendatangi lokasi tersebut sejak 8 September 2006. Tugasnya saat itu adalah memantau perkembangan penanganan lumpur Lapindo Setiap hari.


Saat ini Basuki Hadimuljono menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Peumahan Rakyat pada Kabinet Kerja periode 2014-2019. Penetapan ini diumumkan oleh Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada 26 Oktober 2014.