Asrorun Niam

Ketua KPAI (2014-2017)
Lahir: Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 31 Mei 1976
Karir
  • Wakil Ketua KPAI (2011-2014)
  • Ketua KPAI (2014-2017)
Pendidikan
  • S1 Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Syarif Hidayatullah
  • S2, Universitas Al-Azhar, Mesir

Asrorun Niam Sholeh kini menjabat sebagai Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) periode 2014 – 2017. Sebelum menduduki posisi ketua, Niam adalah Wakil Ketua KPAI di periode 2011 – 2014. Sejak 2015, Niam didaulat menjadi Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia sampai dengan 2020.

Pria kelahiran Nganjuk, 31 Mei 1976 ini juga dikenal sebagai akademisi. Ia tercatat sebagai pengajar Fakultas Syari’ah dan Hukum di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebagai aktivis muda NU, Niam dipercaya sebagai Katib Suriyah PBNU sejak 2015 hingga 2020 mendatang.

Niam telah aktif di dunia pergerakan sejak zaman mahasiswa. Pada tahun 1998 – 1999, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. Setelahnya, Niam kemudan kembali ke kampus untuk melanjutkan pendidikan pascasarjananya. Pada tahun 1999, ia berangkat ke Mesir untuk meneruskan studinya di Al-Azhar.

Selama menjadi mahasiswa, Niam dan beberapa rekannya memprakarsai berdirinya forum kajian Lembaga Studi Agama dan Sosial (eLSAS). Organisasi ini bergerak dalam pengkajian dan penelitian untuk mengembangkan kreativitas berpikir di bidang agama, sosial, politik, dan budaya. Hingga saat ini, Niam menjabat sebagai direktur eLSAS.

Pada pertengahan 2005, Niam juga memelopori lembaga pendidikan bagi anak-anak yang diberi nama Al-Nahdlah Islamic Boarding School. Di sekolah tersebut, Niam juga menduduki posisi sebagai direktur. Lembaga pendidikan ini didedikasikan untuk memberikan akses pendidikan bermutu bagi anak-anak di pedesaan.

Sejak 2005 sampai dengan Februari 2010, selaku Tenaga Ahli di Komisi X DPR RI, Niam terlibat dalam penyusunan kebijakan yang terkait dengan pendidikan. Pada kesempatan tersebut, ia terlibat langsung dengan menjadi Koordinator Tim Ahli untuk pengawasan pelaksanaan UU Sisdiknas, Koordinator Tim Ahli untuk penyusunan UU Perpustakaan, serta UU Perfilman.

Selain sebagai praktisi, doktor di bidang Hukum Islam ini juga dikenal sebagai penulis produktif. Buku-buku yang telah diterbitkan berkaitan dengan masalah hukum, pendidikan, dan perlindungan anak. “Fikih Anak, Perlindungan Anak dalam Perspektif Islam,” “Jejak-jejak Peradaban”, “Sadd al-Dzari’ah: Pendekatan Preventif dalam Penetapan hukum” adalah beberapu judul buku yang dibuat Niam.

 

DarkLight