Arya Mahendra Sinulingga

LahirKabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 18 Februari 1971
Profesi
Karier
  • Komisaris MD Entertainment
  • Direktur Penerbitan MNC Group
Pendidikan
  • Institut Teknologi Bandung

Arya Mahendra Sinulingga adalah Direktur Pemberitaan di Media Nusantara Citra (MNC Group) dan komisaris MD Entertainment. Sebelumnya Arya juga pernah tercatat sebagai Sekretaris Perusahaan MNC Group dan Pemimpin Redaksi RCTI. Sebelum memimpin korporasi media, Sinulingga adalah komisioner di Komisi Penyiaran Indonesia Sumatera Utara.

Arya merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat masih di Medan, Arya juga pernah tercatat sebagai staf ahli Ketua DPRD Sumut dan salah satu fraksi di DPRD. Tak lama kemudian, Arya masuk melalui proses seleksi menjadi sebagai anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumatera Utara.

Ketika bekerja di KPI inilah, ia banyak belajar menyusun regulasi penyiaran. Setelah itu, orang-orang mulai melihat kemampuannya dan mengenal putra berdarah Suku Karo ini sebagai ahli kebijakan media. Keahlian baru inilah yang kemudian mengantarkan dirinya menjadi konsultan media.

Setelah beberapa bulan selepas Anggota KPID dan mulai berkiprah sebagai konsultan media, Arya sampai pada pilihan sulit saat mendapat tawaran bergabung dengan perusahaan media Indovision, sebuah perusahaan televisi berbayar. Namun setelah melalui berbagai pertimbangan, ia akhirnya memutuskan mengambil kesempatan tersebut.

Bergabungnya Arya Sinulingga ke Indovision yang juga merupakan grup dari perusahaan media MNC, akhirnya membuat dirinya semakin banyak mendapatkan tugas baru, mulai jadi "corporate secretary" Indovision, Dirut Majalah Sindoweekly, Direktur Global TV, Direktur pengelola satelit MNC, Pimpinan Redaksi, corporate secretary di MNC Grup, Direktur Corporate Secretary MNC Group, hingga sebagai Direktur Pemberitaan MNC Grup saat ini