Andi Nafsiah Walinono Mboi

LahirSengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Indonesia, 14 Juli 1940
Profesi
Karier
  • Kepala Rumah Sakit Umum Ende (1964-1968)
  • Anggota DPR/MPR-RI (1992-1997)
  • Ketua Komite PBB untuk Hak-hak Anak (1997-1999)
  • Direktur Department of Gender and Women's Health, WHO (1999-2002)
  • Sekretaris KPA Nasional (2006)
Pendidikan
  • Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  • Prince Leopold Institute of Tropical Medicine, Antwerp, Belgia

Nafsiah Mboi adalah salah satu orang Indonesia yang pernah menerima Ramon Magsaysay Award. Bersama sang suami, Aloysius Benedictus Mboi, ia dianugerahi penghargaan bergengsi tersebut pada 1986. Nafsiah Mboi memang dikenal sebagai sosok yang mendedikasikan hidupnya untuk bidang kesehatan dan sosial, khususnya dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS.

Oleh karena itulah, bukan hal yang mengherankan jika Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menunjuk Nafsiah Mboi sebagai Menteri Kesehatan Indonesia di Kabinet Indonesia Bersatu II untuk menggantikan Endang Rahayu Sedyaningsih yang meninggal dunia karena penyakit kanker pada 2 Mei 2012.

Nama asli perempuan yang lahir di Sengkang, Sulawesi Selatan, tanggal 14 Juli 1940 ini adalah Andi Nafsiah Walinono. Suaminya, Aloysius Benedictus Mboi, adalah Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 1978-1988 yang juga dikenal sebagai pakar sekaligus pemerhati kesehatan.

Nafsiah Mboi juga menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan Wakil Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perempuan. Sebagai catatan, ia adalah salah satu pelopor lahirnya Komitmen Sentani pada tahun 2004 yang merupakan tonggak komitmen pemerintah pusat dan daerah dalam upaya penanggulangan AIDS.

Selain itu, Nafsiah Mboi juga dikenal sebagai aktivis Hak Asasi Manusia (HAM). Peraih gelar Master of Public Health (MPH) dari Institute of Tropical Medicine, Antwerpen, Belgia ini pernah menjadi Ketua Komite Hak-hak Anak untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga Direktur Department of Gender and Women's Health pada World Health Organization (WHO) yang berpusat di Jenewa, Swiss. (ISW)