Alexander Rusli

CEO Indosat
LahirSydney, Australia, 20 Februari 1971
ProfesiCEO Indosat
Karier
  • Staf Ahli Kementerina BUMN
  • Managing Director Northstar Pacific
  • Komisaris Independen Indosat
  • CEO Indosat
Pendidikan
  • S1 Curtin University of Technology
  • S3 Curtin University of Technology

Nama Alexander Rusli sudah tidak asing lagi dalam ranah teknologi komunikasi di Indonesia. Ia kini menduduki posisi sebagai Direktur Utama sekaligus CEO PT Indosat Tbk sejak 2012. Alex, panggilan akrabnya didaulat menggantikan CEO sebelumnya, Erik Meijer yang mundur karena didapuk sebagai Direktur Komersial PT Garuda Indonesia Tbk.

Pria kelahiran Sydney, 20 Februari 1971 ini bukanlah orang baru di Indosat. Sejak 2010, ia dipercaya menjadi komisaris independen di anak usaha Qatar Telecom tersebut. Sebelumnya Alex sempat bertugas sebagai anggota Komite Renumerasi dan Komite Audit.  

Selain itu, ia pernah menempati posisi komisaris di PT Tugu Pratama Indonesia dan Managing Director Northstar Pacific, sebuah Private Equity Fund yang berfokus pada kesempatan investasi di Indonesia. Jabatan sebagai komisaris independen juga pernah diemban Alex di Krakatau Steel

Penyandang gelar PhD dari Curtin University of Technology, Australia ini juga pernah merasakan bekerja di kementerian. Kala bekerja sebagai staf ahli di Kementerian BUMN, tak tanggung-tanggung Alex diberi tugas mengawasi  140 BUMN dan lebih dari 500 anak perusahaan. Jauh ke belakang, Alex juga sempat menjadi staf ahli di Kementerian Komunikasi dan Informati era Sofjan Djalil.

Bukan hanya populer di dunia komunikasi, nama pria berdarah Padang Palembang ini juga kondang di dunia pendidikan sebagai staf pengajar. Ia tercatat menjadi dosen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia sejak 1997 hingga 2007 dan Swiss German University, Jakarta mulai 2004 – 2005.