Adita Irawati

Staf Khusus Presiden (2018)
Lahir: Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 15 Februari 1971
Karir
  • Trainee Manager McDonalds Indonesia Yogyakarta (1994-1995)
  • Public Relations Assistant Surya Citra Televisi (SCTV) Surabaya (1995-1996)
  • Surabaya Division Account Executive PT Indosat (1996-1996)
  • Management Trainee PT Indosat (1996-1997)
  • Investor Relations Analyst, Investor Relations Division PT Indosat (1997-2001)
  • Manager of Public Relations Department PT Satelindo (2002-2003)
  • Jabotabek and Banten Regional Office Manager, Cellular Marketing Program PT Indosat (2003-2005)
  • Public Relations Division Manager, External Publications and CSR PT Indosat (2005-2005)
  • Public Relations Division Division Head Public Relations PT Indosat (2005-2009)
  • Corporate Communications Group Head PT Indosat (2009-2010)
  • Founder, Owner and Managing Director Rana Communications (PT Rana Kreasi Indonesia) (2010-2011)
  • SOE in project guarantee SVP Corporate Secretary PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (2011-2013)
  • Vice President Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) (2013)
  • Staf Khusus Presiden (2018)
Pendidikan
  • Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada (1989-1994)

Adita Irawati adalah Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, yang diangkat pada 15 Mei 2018. Dengan 19 tahun (1995-2014) pengalaman bekerja di bidang penyiaran dan industri telekomunikasi, yang mengkhususkan diri dalam pemasaran, investor relations, public relations dan corporate communications, Adita Irawati dapat dikatakan merupakan salah satu talent terbaik Indonesia di bidang hubungan masyarakat.

Alumni Jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada masa kuliahnya melihat bidang kehumasan sebagai bidang potensial. Dalam portal resmi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada, ia mengatakan bahwa ketertarikannya dalam bidang ini membuatnya rutin mengikuti seminar dan pelatihan mengenai kehumasan.

Setelah lulus, perjalanan kariernya dimulai dengan menjadi staf management trainee di perusahaan makanan cepat saji. Setahun berselang, ia kemudian berpindah ke perusahaan media dan menapaki posisi sebagai public relations assistant.

Dua tahun kemudian, Indosat memanggilnya. "Posisi yang dibutuhkan saat itu adalah account executive. Setelah menimbang,saya putuskan untuk mengambil," terangnya, seperti dikutip dari alumni.fisipol.ugm.ac.id. Dari titik inilah jalan Adita dalam menggeluti bidang public relations mulai terbuka. Ia kemudian diangkat sebagai asisten manager dan akhirnya menjadi Manager of Public Relations SATelindo, sebuah perusahaan yang diakuisisi Indosat.

Selama 13 tahun ia ‘mengabdi’ di Indosat hingga memegang posisi tertinggi sebagai Group Head Corporate Communications. Pada tahun 2010, Adita memutuskan untuk mendirikan perusahaan konsultan komunikasi bernama Rana Communication yang diambil dari nama kedua anaknya.

Setahun berselang, ia memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan milik negara yang menangani mengenai penjaminan untuk proyek berbasis kemitraan publik-swasta, Indonesia Infrastructure Guarantee Fund (IIGF). Akhirnya di tahun 2013, ia memutuskan pindah ke Telkomsel.

Kiprahnya pun terbilang sukses membangun citra Telkomsel, berbagai penghargaan di raih perusahaan yang kental dengan warna merahnya itu seperti Dalam PR “Program and People of The Year 2013” yang diadakan ke lima kalinya oleh Majalah SWA, Telkomsel mendapatkan penghargaan untuk kategori “Best of The Best Corporete PR”, terkait upaya mempertahankan kepercayaan publik dan strategi penanganan isu pailit, demikian seperti dikutip dari mensobsession.

Dalam salah satu ajang penghargaan tahunan bergengsi Selular Award 2014, di bawah arahan kehumasannya, Telkomsel juga meraih Best Digital Services, Best Postpaid Card, Best GSM Operator, Operator of the Year dan CEO of the Year.

Pengalaman dan pembelajaran yang menempanya sejak belia membuat Adita menjadi pribadi yang gigih dan tidak mudah berputus asa. Sukses bagi seorang Adita adalah berhasil memberikan manfaat yang lebih bagi lingkungan.

"Sukses diraih melalui proses jatuh bangun tetapi terus berusaha mewujudkan manfaat tersebut. Proses inilah yang akan mendewasakan kita dan meraih kesuksesan yang sejati," ujar perempuan yang gemar berlari ini, seperti dikutip dari laman alumni.fisipol.ugm.ac.id.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
Desember 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 2 sentiment publik
100%
November 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 21 sentiment publik
100%
DarkLight