Abdul Kharis Almasyhari

Anggota DPR-RI
LahirPurworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia, 25 Agustus 1968
ProfesiAnggota DPR-RI
Karier
  • Anggota DPR-RI
Pendidikan
  • Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Universitas Diponogoro, Semarang

Dr. H. Abdul Kharis Almasyahri adalah seorang tokoh DPR RI yang berasal dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera. Beliau pertama kali mendapatkan amanah ini ketika berhasil memenangkan pemilihan di daerah pemilihan atau lebih sering disebut dapil Jawa Tengah V.

Awal mula karir politik alumni S1 Ekonomi Universitas Negeri Surakarta (UNS) ini berada di komisi XI DPR RI yang menaungi perihal keuangan dan perbankan. Lalu pada sidang pertama periode 2015-2016, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMY) ini dipindah tugaskan ke Komisi X yang menaungi perihal Pendidikan, Olahraga, dan Sejarah, dan diresmikan sebagai wakil ketua Komisi tersebut. Pada april 2016 silam, beliau dipindah tugaskan kembali dan dipercaya menampung aspirasi di Komisi I DPR RI serta diresmikan sebagai ketua komisi tersebut.

Komisi I DPR-RI menaungi hal tentang pertahanan, intelejensi, urusan luar negeri, serta komunikasi dan informatika. Komisi tersebut juga bekerja sama dengan berbagai instansi lain seperti Kementrian Pertahanan (Kemenhan), Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkeminfo), Badan Intelejen Negara (BIN), dan masih ada beberapa instansi Negara penting lain yang memiliki akses kerja sama atau sebagai pasangan kerja Komisi ini.

Pria yang pernah meminta klarifikasi tentang persoalan fit & proper test Calon Deputi Bank Indonesia Dody Budi Waluyo ini merupakan seorang pebisnis hebat pula. PT Era Adicitra Intermedia yang memiliki ranah kerja sebagai penerbit buku-buku Islami di Solo dan Beliau bertindak sebagai direktur dari perusahaan tersebut.