Lowongan CPNS 2018: Kuota 10 Persen untuk Sarjana Cum Laude

Oleh: Fitra Firdaus - 6 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sarjana cum laude mendapatkan kuota 10 persen di instansi pusat dalam lowongan CPNS 2018.
tirto.id - Pemerintah akan memberikan kesempatan besar untuk pelamar yang lulus cum laude dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan diadakan pada Minggu (16/9/2018) hingga Kamis (20/9/2018). Terdapat alokasi 10 persen untuk sarjana cum laude di instansi pusat, sedangkan di tingkat daerah, alokasinya 5 persen.

"Formasi putra-putri cum laude kalau dilihat dari kuotanya kita menginginkan bahwa kurang lebih 10 persen dari formasi yang diterima oleh setiap instansi," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Setiawan Wangsaatmaja dalam konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Kamis (6/9/2018).

Kuota sarjana cum laude untuk lowongan CPNS instansi pusat dan daerah berbeda. Setiawan menambahkan, "kalau pemerintah daerah kurang lebih ada 5 persen."

Sarjana cum laude bukan satu-satunya jenis pelamar yang diprioritaskan oleh pemerintah. Putra-putri Papua, penyandang disabilitas, diaspora, dan bekas tenaga honorer golongan K2 khusus untuk jabatan guru dan tenaga kesehatan juga termasuk di dalamnya.

Khusus formasi diaspora, formasi tersebut baru ditawarkan pemerintah dalam penerimaan CPNS tahun ini.

"Jadi, yang sebelumnya belum ada, tetapi tahun ini kita adakan, bahwa (terkait) diaspora ini kita kemas pemerintah untuk menge-track atau menarik teman-teman orang Indonesia yang saat ini berkiprah di luar negeri, untuk bergabung," kata Setyawan.



Lowongan CPNS tahun ini akan dibuka untuk 238.015 posisi. Jumlah kuota untuk instansi pusat sebanyak 51.271, sedangkan instansi daerah mencapai 186.744 posisi.

Terdapat 76 kementerian atau lembaga yang membuka lowongan CPNS tahun ini. Sementara itu, untuk instansi daerah, peserta yang lolos akan ditempat di 525 wilayah pemerintah daerah, baik kabupaten maupun kota.

Pendaftaran akan dilakukan secara serentak melalui portal pendaftaran daring/online (sscn.bkn.go.id).

Baca juga artikel terkait CPNS 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight