Logo Hari Sumpah Pemuda 2020 28 Oktober: Link Download dan Maknanya

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Link download dan makna logo Hari Sumpah Pemuda 2020 yang diperingati tanggal 28 Oktober.
tirto.id - Hari Sumpah Pemuda 2020 diperingati pada tanggal 18 Oktober. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah merilis logo dan panduan penggunaannya untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020.

Menpora RI Zainudin Amali meluncurkan logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 pada awal Oktober lalu, sambil berpesan menggelorakan semangat untuk bersatu dan bangkit.

“Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda, saya berpesan agar para pemuda kita bersatu dan bangkit. Kita tidak boleh tercerai-berai. Meskipun berbeda, kita harus tetap satu, semangat persatuan harus kita pelihara dengan baik. Tanpa persatuan, kita tidak akan bisa, makanya harus bersatu lalu kita bangkit,” kata Menpora.

Menpora menjelaskan makna dari logo Hari Sumpah Pemuda 2020 yang terdiri dari dua insan saling terhubung. Menurutnya, itu menggambarkan semangat persatuan pemuda Indonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Sumpah Pemuda ke-92.

Lalu, terdapat perpaduan warna yang beragam melambangkan keberagaman Indonesia pada agama, suku, ras, dan bahasa. Kemudian, warna biru pada logo melambangkan lautan dan warna hijau melambangkan hutan/pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam negeri.

“Konsep logo yang dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat persatuan dan kerjasama untuk melawan Covid-19. Pada font Sumpah Pemuda, memiliki kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” jelasnya.

Arti Logo Hari Sumpah Pemuda 2020


Logo Hari Sumpah Pemuda 2020 berbentuk dua insan yang saling terhubung menggambarkan semangat persatuan pemuda Indonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda ke-92.

Perpaduan warna yang beragam melambangkan keberagaman Indonesia pada agama, suku, ras, dan bahasa.

Warna biru pada logo melambangkan lautan dan warna hijau melambangkan hutan/pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) negeri.

Dilansir laman Kemenpora, konsep logo yang dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat bersatu dan bangkit untuk melawan Covid-19.

Kemenpora juga memberikan contoh-contoh desain publikasi dalam panduan penggunaan logo yang bisa diunduh dalam tautan berikut ini.

Sementara itu, logo Hari Sumpah Pemuda 2020 bisa diunduh melalui link:

1. LOGO HSP (format PNG) (Download file)

2. LOGO HSP (format PDF) (Download file)

3. LOGO HSP (format JPG) (Download file)


Baca juga artikel terkait HARI SUMPAH PEMUDA 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight