Logo Hari Ibu 22 Desember 2020 dan Cara Peringati Saat Pandemi

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 21 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Logo dan tema Hari Ibu 22 Desember 2020 dan cara memperingatinya saat pandemi.
tirto.id - Logo Hari Ibu 22 Desember 2020 berwarna merah putih dengan angka 92 dan bertuliskan "Merdeka Melaksanakan Dharma". Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (KPPPA), logo Hari Ibu ini melambangkan semangat nasionalisme perempuan.

Warna dasar Merah dan Putih sebagai penggambaran semangat nasionalisme perempuan berdaya untuk Indonesia maju. Arti logo dan Hari Ibu 2020 adalah:

- Bentuk bunga representasi dari cara berpikir perempuan berdaya:
  • Cerdas intelektual (ilmu), cerdas emosional (ikhlas/tabah), dan cerdas spiritual (iman);
  • Menerbarkan pemikiran positif seperti bunga yang menebarkan aroma harum
  • Karakter perempuan, seperti bunga yang menjadi simbolik kelembutan dan keindahan;
- Bentuk siluet dan wajah perempuan representatif sikap dan tindakan perempuan berdaya

  • Tegas, namun lembut penuh cinta;
  • Menatap kedepan penuh percaya diri;
  • Tangguh, mampu menjalankan peran dalam berbagai aspek kehidupan secara seimbang dalam kesetaraan.
Menurut Kementerian PPPA, peringatan Hari Ibu kita rayakan setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Kongres Perempuan I di tahun 1928 menandai tonggak perjuangan perempuan Indonesia, dalam ambil peran di setiap derap pembangunan di Indonesia.

Perempuan mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan, dan turut mencari serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia di titik sekarang.

Maka sangat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan, mulai dari mengakses, berpartisipasi, ikut menentukan arah, serta menikmati manfaat pembangunan. Terlebih Pandemi Covid-19 menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan.

Hal ini tertuang dalam hasil survei dari UN Women yang menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, serta dapat mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

Situasi yang serba sulit ini ternyata tidak menghentikan langkah perempuan-perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan.

Perempuan turun dan menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah, dan turut serta menyediakan makanan bagi warga yang terdampak ekonomi dan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan.

Perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi Covid-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan/peneliti, dan penjaga bagi keluarganya sendiri.

"Melalui PHI ke-92 Tahun 2020 ini, Saya berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebihi apapun," ujar Menteri PPPA, Bintang Puspayoga.

"Untuk itu, mari warnai PHI dengan peran, kerja, dan karya nyata dari anda semua, untuk Indonesia tercinta. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju," pungkasnya.

Infografik Peringatan Hari Ibu
Infografik Peringatan Hari Ibu, tirto.id/Fuad


Cara Peringati Hari Ibu 22 Desember 2020 Saat Pandemi


Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember tahun ini bisa dirayakan dengan membuat kartu ucapan, membeli hadiah, membuat kue untuk ibu atau mengajak ibu berjalan-jalan.

Di tengah pandemi virus corona Covid-19 ini, mengajak ibu berjalan-jalan sepertinya tidak masuk dalam pilihan. Anda bisa menggantinya dengan mengajak ibu membuat kue, memasak bersama, atau bahkan membuatkan ibu makanan.

Anda juga bisa memberikan kado untuk ibu, berikut ini rekomendasi kado untuk
Peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember, dilansir laman Business Insider:

1. Seikat bunga. Wanita umumnya menyukai bunga yang indah, tak terkecuali ibu. Memberikan seikat bunga dapat membuat ibu lebih bahagia, namun dapat juga mengganti dengan sebuah tanaman dalam pot kecil yang disukai ibu.

2. DIY stuff. Paket DIY (Do It Yourself) umumnya sangat disukai oleh kaum wanita, karena dalam paket tersebut berisi beberapa jenis barang yang dibutuhkan untuk suatu kerajinan tangan. Misalnya saja paket DIY merajut, menjahit, merangkai bunga, membuat clay, dan sebagainya.

3. Alat pijat. Peralatan pijat atau terapi pijat bisa jadi kado yang istimewa agar ibu kembali segar. Alatnya bisa berupa alat pijat listrik, sandal kesehatan, atau bahkan memanggil terapis ke rumah Anda.

4. Paket perawatan kecantikan atau skin care. Kesibukan ibu merawat anak-anak tentu membuat ia lupa merawat kecantikan. Dengan paket perawatan kecantikan hadiah dari Anda, ibu bisa kembali merawat dirinya dan jadi kado Hari Ibu yang mengesankan.

5. Album foto keluarga. Sebuah album foto kenangan berisi foto-foto Anda dan saudara-saudara, juga keluarga lainnya bisa jadi pilihan.

6. Fry pan atau peralatan memasak. Hadiah berupa fry pan atau wajan anti lengket baru pasti membuat ibu senang. Jika sudah ada, Anda bisa memilih peralatan memasak lainnya.

7. Makan bersama. Membawa ibu ke restoran yang beliau sukai juga bisa jadi pilihan. Atau bila Anda mampu memasak makanan lezat untuk ibu, hadiahkan saja beberapa jenis masakan yang beliau sukai.

Panduan memperingati dan logo Hari Ibu 2020 bisa diunduh melalui link berikut ini: PANDUAN PELAKSANAAN
PERINGATAN HARI IBU KE-92 TAHUN 2020


Baca juga artikel terkait HARI IBU 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight