Liga Inggris 2019/2020

Liverpool vs Everton: Derby Merseyside, Terpanas di Premier League

Oleh: Gilang Ramadhan - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Derby Merseyside antara Liverpool vs Everton merupakan salah satu derbi terpanas Liga Inggris di era Premier League.
tirto.id - Derby Merseyside ke-234 antara tuan rumah Liverpool vs Everton bakal tersaji di pekan 15 Liga Inggris Premier League pada Kamis (5/12/2019). Duel tim sekota ini tercatat sebagai derbi terpanas dalam sejarah Liga Inggris era Premier League.

Sejarah Derby Merseyside memang menyimpan aksi-aksi solidaritas di antara kedua klub beserta pendukungnya. Namun, pertarungan Liverpool vs Everton tetap saja kerap berlangsung sengit, bahkan cenderung panas.

Duel kedua tim ini tercatat sebagai penghasil kartu merah terbanyak di era Premier League. Kubu The Toffees mengoleksi 14 kartu merah, sementara 7 kartu merah lainnya diganjarkan kepada para pemain The Reds.

Nama-nama mentereng seperti Steven Gerard dan Milan Baros dari Liverpool, juga Phil Neville, Mikel Arteta, hingga Tim Cahill dari Everton pernah menerima kartu merah di laga derbi ini.

Derby Merseyside juga sempat meretakkan persahabatan antara Mikel Arteta (Everton) dan Xabi Alonso (Liverpool). Dua gelandang asal Spanyol ini sudah saling kenal sejak kecil dan harus berhadapan satu sama lain pada Desember 2005 silam.


Kala itu, Arteta mendapatkan kartu merah dan menyebabkan Everton kalah 1-3 di Goodison Park.

"Dia [Xabi Alonso] mengetuk pintu saya setelah derbi pada bulan Desember dan bertanya mengapa saya tampak sangat sedih," kata Arteta kepada reporter The Guardian, Dominic Fifield, pada Maret 2006.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak ingin kalah, terutama darinya, dan saya juga mendapat kartu merah. Dia tahu saya dan karakter saya. Dia mencoba sedikit menenangkan saya, tetapi momen kekalahan itu membuat saya menderita," imbuhnya.

Liverpool dan Everton akan memainkan duel sekota ke-234. Secara statistik Liverpool menang 93 kali, 74 kali meraih hasil imbang, dan 66 laga sisanya dimenangkan oleh Everton. Kedua tim selalu berhadapan sejak musim 1962/63.


The Reds juga belum kalah dari Everton dari 17 duel terakhir di ajang Premier League (7 menang 10 seri). Terlebih, The Toffes belum menang di Andfield dalam ajang liga sejak September 1999 (9 imbang 10 kalah).

Ketimpangan antara kedua tim lebih kentara di musim ini. Hingga pekan ke-14, Everton baru mengumpulkan 14 poin dan duduk di posisi 17. Lain halnya dengan Liverpool yang belum kalah dan kokoh di puncak klasemen dengan torehan 40 poin.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight