Olimpiade Tokyo 2021

Live Streaming Badminton Olimpiade: Jadwal Wakil Indonesia 24 Juli

Oleh: Wan Faizal - 23 Juli 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal pertandingan badminton Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 akan dimulai pada Sabtu (24/07/2021) mulai pukul 07.00 WIB.
tirto.id - Jadwal pertandingan badminton Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 akan dimulai pada akhir pekan ini, hari Sabtu (24/07/2021) mulai pukul 07.00 WIB. Aksi para atlet bulu tangkis Indonesia di Olimpiade 2021 bisa disaksikan melalui live streaming di Vidio.

Ganda putri Indonesia yang diwakili Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan membuka laga di lapangan 2. Pasangan peringkat 6 dunia itu akan berhadapan dengan wakil Malaysia, yakni Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Dari catatan head to head, kedua kubu berbagi skor imbang 2-2 dalam 4 pertemuan. Greysia/Apri memenangkan 2 pertemuan pertama, sedangkan ganda putri Malaysia unggul di 2 laga terakhir, termasuk di BWF World Tour Finals 2020 lalu di Thailand dengan skor 13-21 dan 17-21.

Selesai laga tersebut, akan ada 2 pertandingan antara Busanan Ongbamrungphan (Thailand) vs Daniela Macias (Peru) di sektor tunggal putri, kemudian menyusul laga dari tunggal putra antara Ng Ka Long Angus (Hong Kong) vs Lino Munoz (Meksiko).

Setelahnya, akan ada 3 laga beruntun di Lapangan 2 yang melibatkan pemain Indonesia. Dimulai dari Jonatan Christie yang akan berhadapan dengan Aram Mahmoud. Atlet asal Belanda itu akan mewakili Refugee Olympic Team.


Menyusul berikutnya ganda campuran Indonesia yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Keduanya akan diunggulkan ketika berhadapan dengan ganda campuran Australia yakni Simon Wing Hang Leung/Gronya Somerville.

Pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto, mewanti-wanti Praveen/Melati. Pernah melatih Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir alias Owi/Butet di Olimpiade sebelumnya membuat Nova paham benar apa yang dibutuhkan ketika bermain di ajang sekelas Olimpiade.

”Pemain yang berada di performa terbaik belum tentu berhasil karena di Olimpiade mental yang berbicara. Owi/Butet berada di performa bagus tahun 2012 namun gagal di Olimpiade London. Sedangkan ketika juara di Rio 2016, mereka lebih siap secara mental,” tutur Nova.

Laga berikutnya akan menyajikan aksi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. The Minions, julukan Marcus/Kevin, akan berhadapan dengan pemain Britania Raya yakni Ben Lane/Sean Vendy.

Sedangkan di sesi kedua yang dimulai pukul 16.00 WIB, ada The Daddies yang beraksi. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menjajal kekuatan ganda putra Kanada, Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura.


Misi Melanjutkan Tradisi

Badminton masih menjadi cabang olahraga yang diharapkan mempertahankan tradisi menyumbang medali emas untuk Indonesia. Dalam sejarahnya sejak pertama kali dipertandingkan di Barcelona 1992, badminton Indonesia hanya sekali gagal memberikan medali emas, yakni di Olimpiade London 2012.

Tahun ini, Marcus/Kevin yang menjadi harapan untuk bisa melanjutkan tradisi. Meskipun tidak mudah, keduanya dirasa sudah siap untuk menggapai momen penting ini.

Apalagi ada tradisi menarik di sektor ganda putra sepanjang sejarah Olimpiade, yakni pemain unggulan pertama kerap berhasil meraih medali emas. Di Barcelona 1992, ganda putra Korea Selatan Kim Moon Soo/Park Joo Bong menjadi juara setelah mengalahkan Eddy Hartono/Rudy Gunawan dari Indonesia.

Tren tersebut berlanjut di Atlanta 1996 ketika pasangan Indonesia Rexy Mainaky/Ricky Soebagdja keluar sebagai yang terbaik. Demikian halnya di Sydney 2000 melalui pasangan Indonesia lain yaitu Tony Gunawan/Candra Wijaya.

Tren tersebut sempat terhenti di Athena 2004 saat Jonas Rasmussen/Lars Paaske (Denmark) hanya sampai di babak 16 besar.

Akan tetapi, tradisi itu berlanjut di Beijing 2008 lewat Markis Kido/Hendra Setiawan dan di London 2012 melalui Cai Yun/Fu Haifeng (China). Sementara pada Rio 2016 lalu Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea Selatan) harus terhenti di perempat final.


Jadwal Badminton Indonesia di Olimpiade 2020, Sabtu (24/07/2021)

  • 07.00 WIB - Lapangan 2: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia)
  • 09.00 WIB - Lapangan 2: Jonatan Christie vs Aram Mahmoud (EOR)
  • 09.40 WIB - Lapangan 2: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Simon Wing Hang Leung/Gronya Somerville (Australia)
  • 10.20 WIB - Lapangan 2: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Ben Lane/Sean Vendy (Britania Raya)
  • 16.00 WIB - Lapangan 2: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura (Kanada)

Live Streaming Lapangan 2 Badminton Olimpiade Tokyo 2020

Aksi para pebulutangkis Indonesia di Lapangan 2 Musashino Forest Sport Plaza dapat Anda saksikan melalui live streaming di Vidio. Bagi pengguna Telkomsel, Anda dapat menyaksikan pertandingan di Tokyo 2020 secara gratis.

Jika tidak, Anda dapat memilih paket berlangganan yang disediakan Vidio. Terdapat paket promo PPKM Platinum seharga Rp 99.000 untuk 1 tahun.

Paket lain non-promo yang tersedia adalah Platinum 7 hari seharga Rp 19.000, Platinum 30 hari dengan harga Rp 29.000, dan Platinum 1 tahun yang dibanderol Rp 199.000.

Link Live Streaming Lapangan 2 Badminton Olimpiade Tokyo 2020 Vidio

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight