Menuju konten utama

Link Daftar PPDB Kalbar 2024 Afirmasi/Disabilitas Jenjang SMA

Berikut ini link untuk mendaftar PPDB Kalbar jalur Afirmasi/Disabilitas untuk jenjang SMA yang dibuka mulai 27 Juni 2024.

Link Daftar PPDB Kalbar 2024 Afirmasi/Disabilitas Jenjang SMA
Website PPDB SMA di Jawa Barat error, Pemprov Jabar Lakukan Antisipasi. tirto.id/Muhammad Akmal Firmansyah

tirto.id - Jadwal pendaftaran PPDB SMA Kalbar 2024 untuk jalur Afirmasi/Disabilitas dapat mulai diakses pada 27-28 Juni 2024.

PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru sendiri merupakan program yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan menjelang tahun ajaran baru.

Program ini ditujukan sebagai fasilitas bagi anak usia sekolah atau lulusan jenjang pendidikan sebelumnya untuk masuk ke satuan pendidikan.

Terdapat lima jalur yang dibuka dalam PPDB Kalbar 2024, di antaranya adalah jalur zonasi, afirmasi/disabilitas, mutasi, dan juga prestasi.

Masing-masing jalur memiliki jadwal pendaftaran yang berbeda, jalur zonasi dibuka pada 18-20 Juni 2024, jalur Afirmasi/Disabilitas dan Mutasi pada 27-28 Juni 2024, serta jalur prestasi pada 3-4 Juli 2024.

Jalur Afirmasi/Disabilitas sendiri diperuntukkan bagi calon peserta didik yang termasuk dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Daerah. Lantas bagaimana cara mengakses pendaftaran PPDB SMA Kalbar 2024 jalur Afirmasi/Disabilitas?

Artikel ini akan memaparkan informasi terkait pendaftaran PPDB SMA Kalbar 2024 jalur Afirmasi/Disabilitas mulai dari syarat, link daftar sampai dengan cara pendaftarannya.

Syarat Daftar PPDB Kalbar 2024 Jalur Afirmasi

Sebelum mendaftarkan diri, pastikan calon peserta didik telah memenuhi dan menyiapkan syarat pendaftaran yang ditetapkan. Berikut ini adalah syarat daftar PPDB SMA Kalbar 2024 jalur Afirmasi/Disabilitas:

  1. Calon peserta didik berdomisili di dalam wilayah zonasi sekolah yang dituju
  2. Telah menyelesaikan pendidikan SMP, SMP Terbuka, SMPLB dan MTs. Dibuktikan dengan Ijazah dan Surat Keterangan Lulus dari sekolah termasuk nilai rata-rata rapor semester 1-5 mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris untuk lulusan 2023/2024 dan sebelumnya.
  3. Bagi program paket B dapat melampirkan Ijazah dan STL program Paket B setara SMP lulus pada tahun 2023/2024 dan sebelumnya.
  4. Maksimal berusia 21 tahun saat mendaftar PPDB tahun pelajaran 2024/2025 per tanggal 18 Juni 2024.
  5. Melampirkan bukti keikutsertaan program penanganan keluarga tidak mampu berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) - Program Keluarga Harapan (PKH), dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data orang tua yang tertera di bukti tersebut sesuai dengan nama orang tua di Kartu Keluarga (KK).
Adapun apabila jalur afirmasi tidak memenuhi kuota, sisa kuotanya akan dialihkan untuk jalur prestasi nilai rapor.

Link Daftar PPDB SMA Kalbar 2024

Seluruh jalur pendaftaran PPDB SMA Kalbar 2024 dapat diakses secara daring di laman resmi PPDB Kalbar yang dikelola oleh Dinas Pendidikan provinsi tersebut. Dengan mendaftar secara daring calon peserta didik tidak perlu mencetak dokumen dan menyerahkannya langsung ke sekolah.

Pendaftaran dapat diajukan melalui link daftar PPDB SMA Kalbar 2024 di https://ppdb.dikbud.kalbarprov.go.id/home.

Cara Daftar PPDB Kalbar Jalur Afirmasi

Berikut ini adalah langkah-langkah cara daftar PPDB SMA Kalbar jalur Afirmasi/Disabilitas:

1. Akses https://ppdb.dikbud.kalbarprov.go.id/home.

2. Pilih pendaftaran untuk Jenjang SMA.

3. Buat akun dengan memasukkan informasi NISN dan tanggal lahir calon peserta didik.

4. Masukkan alamat email, nomor telepon dan juga kata sandi yang dikehendaki.

5. Selanjutnya lengkapi biodata atau data diri calon peserta didik, dan pilih jalur Afirmasi.

6. Unggah foto KIP, KKS-PKH atau Surat Keterangan Masuk DTKS beserta KK asli (gambar harus jelas) atau surat keterangan penerima PIP yang dikeluarkan oleh sekolah dan dapat dibuktikan melalui website https://pip.kemdikbud.go.id dan https://cekbansos.kemensos.go.id.

7. Mengisi alamat dan memastikan alamat sesuai dengan KK serta melakukan pengukuran sendiri oleh calon peserta didik.

8. Unggah scan KK asli.

9.Pengukuran dilakukan maksimal 5 kali ke sekolah yang berbeda, di mana 3 sekolah di antaranya adalah sekolah yang akan dipilih.

10. Unggah foto tampak depan rumah.

11. Unggah scan Surat Keterangan Lulus (SKL) asli.

12. Unggah surat pernyataan.

13. Pilih sekolah, cek daftar pilihan sekolah di menu “Aturan Pemilihan Sekolah Tujuan”.

14. Cetak bukti pendaftaran.

Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan lainnya dari Aisyah Yuri Oktavania

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Dipna Videlia Putsanra