Link Hasil Sanggah CPNS Kemhan 2021 dan Syarat Pemberkasan

Penulis: Yonada Nancy - 4 Jan 2022 10:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hasil sanggah CPNS Kemhan 2021 akan diumumkan mulai hari ini (4/1/2022) hingga Kamis (6/1/2022) melalui link www.kemhan.go.id/ropeg.
tirto.id - Hasil sanggah CPNS Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2021 akan diumumkan mulai hari ini, Selasa (4/1/2022) hingga Kamis (6/1/2022). Peserta yang mengajukan sanggah, bisa cek pengumuman hasil melalui link www.kemhan.go.id/ropeg.

Sebelumnya, panitia seleksi CPNS Kemhan 2021 menyebutkan bahwa alasan sanggah yang diajukan peserta bisa diterima ataupun ditolak. Alasan sanggah dapat diterima dalam hal kesalahan bukan berasal dari peserta.

Perubahan hasil pengumuman juga mungkin terjadi setelah pengumuman pasca sanggah. Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 27/2021 dimana panitia seleksi instansi dapat mengubah pengumuman hasil akhir seleksi dengan persetujuan dari ketua panitia seleksi nasional (panselnas).

Peserta yang hingga pengumuman pasca sanggah dinyatakan lulus seluruh rangkaian seleksi akan lanjut ke tahap pemberkasan dan pengisian daftar riwayat hidup (DRH). Kegiatan tersebut merupakan tahap terakhir rekrutmen CPNS sebelum usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS.

Syarat Pemberkasan CPNS Kemhan 2021


Panitia seleksi CPNS Kemhan 2021 menetapkan sejumlah dokumen persyaratan untuk tahap pemberkasan. Dokumen-dokumen yang disyaratkan harus diunggah melalui akun sscasn.bkn.go.id peserta pada 7 hingga 21 Januari 2022.

Berikut dokumen-dokumen syarat pemberkasan dan pengisian DRH CPNS Kemhan 2021:

  • Pas foto terbaru menggunakan pakaian hitam-putih dengan ukuran 4 x 6 dan latar berlakang merah.
  • Ijazah asli. Khusus peserta lulusan perguruan tinggi luar negeri, ijazah yang diunggah harus ditetapkan penyetaraannya oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  • Transkrip nilai asli.
  • Print out atau hasil DRH cetak yang sebelumnya sudah diisi melalui laman sscasn.bkn.go.id, yang pada bagian nama, tempat lahir, dan tanggal lahir ditulis tangan menggunakan huruf kapital/balok menggunakan tinta hitam. DRH yang sudah dicetak harus ditandatangani peserta di atas materai Rp10.000.
  • Surat pernyataan 5 poin yang ditandatangani diatas materai Rp10.000 dengan format yang tercantum di laman sscasn.bkn.go.id.
  • Surat pernyataan tidak pindah instansi selama 10 tahun dan surat penyataan bersedia membayar denda jika mengundurkan diri. Surat tersebut harus ditandatangani peserta di atas materai Rp10.000. Contoh format surat bisa diunduh melalui link ini.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku hingga Maret 2022
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan pemerintah. Surat keterangan dibuat dan ditetapkan pada bulan Januari 2022.
  • Surat keterangan tidak mengonsumsi atau menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah yang dibuat dan ditetapkan pada bulan Januari 2022.
  • Bukti pengalaman kerja yang sah dan sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang bagi peserta yang memiliki masa kerja.

Kelengkapan dokumen untuk pemberkasan CPNS Kemhan 2021 tidak hanya diunggah melalui SSCASN. Ada sejumlah dokumen lain yang wajib dikirim peserta ke email Unit Organisasi (UO) yang dilamar dan panitia pusat.

Dokumen-dokumen yang disyaratkan harus dikirim email dengan format subject nomor peserta_nama. Berikut daftar dokumen yang wajib dikirim melalui email UO dan panitia pusat:


  • Kartu keluarga.
  • Ijazah/STTB mulai dari SD, SLTP, SLTA, hingga pendidikan terakhir.
  • Akta kelahiran peserta
  • Surat nikah bagi peserta yang sudah menikah.

Dokumen-dokumen yang diunggah di SSCASN maupun yang dikirim via email juga harus difotokopi dan dilegalisir untuk kemudian dikirimkan ke kantor UO yang dilamar. Alamat email dan alamat kantor UO CPNS Kemhan 2021 bisa dicek melalui pengumuman panitia seleksi berikut:

Download Pengumuman Panitia Seleksi CPNS Kemhan 2021 PDF [Halaman 4]


Jadwal CPNS Kemhan 2021


Berikut jadwal lanjutan CPNS Kemhan 2021 sesuai dengan yang tercantum dalam Pengumuman Nomor: PENG/2/XII/2021 dan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 18256/B-KS.04.01/SD/K/2021.

  • Masa pengajuan sanggah hasil integrasi SKD dan SKB: 25 - 27 Desember 2021
  • Jawab sanggah hasil integrasi SKD dan SKB : 25 Desember 2021 - 3 Januari 2022
  • Pengumuman pasca sanggah : 4 - 6 Januari 2022
  • Penyampaian kelengkapan dokumen dan pengisian DRH: 7 - 21 Januari 2022
  • Usul Penetapan NIP CPNS : 22 Januari - 22 Februari 2022.



Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight