Menuju konten utama

Libur Iduladha, Penumpang KA Jarak Jauh Naik 46 Persen

KAI mencatat ada sebanyak 398.260 pelanggan atau rata-rata 132.753 penumpang per hari Kereta Api (KA) jarak jauh selama libur Iduladha.

Libur Iduladha, Penumpang KA Jarak Jauh Naik 46 Persen
Penumpang kereta Argo Lawu berjalan saat tiba di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (17/5/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat ada sebanyak 398.260 pelanggan atau rata-rata 132.753 penumpang per hari Kereta Api (KA) jarak jauh selama libur Iduladha yakni Jumat (8/7/2022) hingga Minggu (10/7/2022). Angka tersebut naik 46 persen dibanding rata-rata volume pelanggan KA jarak jauh di Juni 2022 yakni 90.913 pelanggan per hari.

“Secara keseluruhan, perjalanan kereta api dengan lancar dan pelanggan telah mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat yang telah menggunakan angkutan kereta api selama masa libur Iduladha tahun ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, kepada wartawan Senin (11/7/2022).

Pada periode tersebut, KAI mengoperasikan rata-rata 229 perjalanan KA Jarak Jauh per hari. Rute favorit pelanggan yaitu Jakarta - Bandung pp, Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Semarang pp, Jakarta - Purwokerto pp, Jakarta - Kutoarjo pp, Jakarta - Cirebon pp, Surabaya - Yogyakarta pp, Surabaya - Semarang pp, Surabaya - Jember pp, Surabaya - Madiun pp, dan lainnya.

Joni mengatakan, ketertarikan masyarakat dalam menggunakan kereta api di masa libur Iduladha menunjukkan minat masyarakat untuk naik kereta api sudah mulai tumbuh. Masyarakat tidak perlu khawatir saat akan naik kereta api dikarenakan KAI selalu menerapkan protokol kesehatan bagi para pelanggan sejak awal pandemi.

KAI juga terus mengajak kepada masyarakat agar ketika menggunakan layanan KAI tetap saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan. Untuk melindungi diri dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan di kereta api dan stasiun, pelanggan dapat segera melaporkan ke petugas. Petugas akan segera melakukan tindakan tegas terhadap laporan yang diberikan.

Sebagai langkah antisipatif terhadap kasus pelecehan seksual di layanan KAI, KAI telah melakukan kampanye serentak anti kekerasan seksual di seluruh wilayah kerja KAI. Di samping itu, KAI juga secara rutin melakukan announcement terkait pelecehan seksual di stasiun dan kereta api.

“KAI Group melawan terjadinya kekerasan seksual di lingkungan kereta api. Kami juga akan membantu korban untuk melakukan langkah hukum,” tandas dia.

Baca juga artikel terkait KERETA API JARAK JAUH atau tulisan lainnya

tirto.id - Bisnis
Reporter: Selfie Miftahul Jannah & Selfie Miftahul Jannah
Editor: Anggun P Situmorang