Menuju konten utama

Layanan Remitansi BNI di LN Permudah Pekerja Migran Indonesia

Layanan remitansi BNI mempermudah Pekerja Migran Indonesia dalam melakukan transaksi keuangan. Angka transaksi remintasi PMI tercatat terus bertumbuh.

Layanan Remitansi BNI di LN Permudah Pekerja Migran Indonesia
Ilustrasi seseorang menggunakan mesin ATM BNI. (FOTO/dok. BNI)

tirto.id - Penggunaan layanan remitansi dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI oleh para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri terus meningkat dari tahun ke tahun. Tren positif ini makin meneguhkan posisi BNI sebagai bank nasional dengan skala global.

Menurut Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo, tren transaksi remitansi tumbuh stabil selama 2024. Pertumbuhan tersebut ditopang terutama oleh ketersediaan jaringan layanan remitansi BNI di berbagai negara.

"Kekuatan jaringan kantor BNI di luar negeri ditambah dengan kemajuan digitalisasi kami, menjadikan BNI sebagai bank pilihan PMI dalam memudahkan transaksi keuangan, salah satunya dalam memenuhi kebutuhan keluarga mereka di Indonesia," ujar Okki dalam siaran resmi BNI.

Kontribusi remitansi para pekerja migran terhadap bisnis BNI pun signifikan, terutama untuk mendukung pertumbuhan transaksi internasional dan memperkuat likuiditas.

Sepanjang 2024, tercatat ada 4,1 juta transaksi remitansi yang dilakukan Pekerja Migran Indonesia di BNI. Angka ini lebih dari 80% total transaksi remitansi di BNI pada tahun yang sama.

Prospek transaksi remitansi terhadap bisnis BNI diperkirakan akan terus meningkat. Hal ini seiring dengan penambahan jumlah PMI, perluasan jaringan kantor internasional BNI, serta penerapan teknologi digital yang memudahkan pengiriman dana lintas-negara.

"Selain adanya upaya peningkatan layanan internasional, pemerintah juga sudah membentuk Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Indonesia yang menjadi mitra BNI dalam membantu kelancaran transaksi PMI," kata Okki.

Dia menambahkan, BNI akan terus melakukan sosialisasi secara rutin kepada para PMI guna meningkatkan literasi keuangan, akses terhadap layanan perbankan maupun investasi, dan keterampilan usaha.

Saat ini, BNI memiliki layanan remitansi untuk PMI melalui produk BNI Taplus PMI G2G dan Smart Remittance. Produk BNI Taplus PMI G2G juga sudah dilengkapi kartu edisi PMI yang bisa digunakan untuk keperluan tabungan para pekerja migran.

"Kartu ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan di mesin ATM sedangkan Smart Remittance merupakan layanan transfer valas yang dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking atau wondr by BNI," terang Okki.

(INFO KINI)

Penulis: Tim Media Servis