Kumis Adil Rami Jadi Jimat Perancis di Piala Dunia 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 11 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kumis Adil Rami menjadi 'jimat' Perancis di Piala Dunia 2018, seperti kepala plontos Fabian Barthez di Piala Dunia 1998.
tirto.id - Kumis Adil Rami seolah menjadi jimat Perancis di Piala Dunia 2018. Menjelang semifinal melawan Belgia pada Rabu (11/7/2018), Antoine Griezmann mengusap kumis pemain belakang Olympique Marseille tersebut. Di ujung cerita, Les Bleus mampu menumbangkan tim berjuluk Iblis Merah dengan skor 1-0.

Adil Rami memang tidak permain bermain satu menit saja di Piala Dunia 2018 hingga Perancis menembus final. Namun, dia memiliki 'kontribusi' lain untuk Les Bleus. Mantan pemain Valencia itu memiliki kumis 'istimewa', jimat keberuntungan yang membuat kita mengingat kepala plontos Fabian Barthez yang selalu dicium oleh Laurent Blanc di Piala Dunia 1998.

Ritual pemain Perancis mengusap kumis Adil Rami dimulai di babak 16 besar. Ketika itu Kylian Mbappe yang melakukannya. Hasilnya, Les Bleus mampu menumbangkan Argentina yang memiliki Lionel Messi dengan skor 4-3.

Dalam laga tersebut, Mbappe mencetak dua gol dan tercatat sebagai man of the match versi FIFA. Di laga tersebut pula, muncul julukan baru untuk sang penyerang PSG, yaitu '37'.

Angka tersebut berasal dari 37 km/jam, kecepatan Mbappe yang terpampang di layar Kazan Arena, tempat laga Perancis kontra Argentina digelar. Julukan itu sendiri, 'salah' karena berdasarkan laman resmi FIFA, kecepatan maksimum Mbappe di laga itu adalah 32,4 km/jam.



Setelah Perancis menumbangkan Argentina, lantas berjumpa Uruguay di perempat-final, ritual mengusap kumis Adil Rami dilanjutkan oleh Antoine Griezmann. Lagi-lagi, Perancis beruntung. Griezmann juga mencetak gol 'beruntung' kala itu, ketika tembakannya salah diantisipasi oleh Fernando Muslera, kiper Uruguay.

Setelah dua kesuksesan itu, Perancis tampak 'benar-benar percaya' pada kumis Adil Rami. Buktinya akun twitter resmi mereka @equipedefrance, mengunggah foto ketika Griezmann mengusap kumis Rami sembari mencuitkan, "kumisnya ..."




Griezmann sendiri dalam laga semifinal menjadi kunci kemenangan Prancis. Umpannya diselesaikan oleh Samuel Umtiti untuk gol kemenangan Les Bleus atas Belgia. Prancis lolos ke final ketiga Piala Dunia dalam 20 tahun terakhir, dan kini menunggu pemenang Kroasia vs Inggris.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight